Minggu, 30 Maret 2014

Puff Cheese Stick

Hari ini waktunya bersih-bersih sekaligus cek-ricek bahan kue, adakah yang berjamur atau sudah expired atau penyimpanan yang kurang tepat. Baru ingat kalau pernah beli korsvet tapi belum tersentuh sama sekali hehe. Langsung cari resep punya mbak Hesti yang sudah lama diincer dan meluncur ke dapur deh...


Choco Puff Cheese Stick

Bahan:
500 gr tepung terigu --> 250 gr
1/2 sdt garam --> gak pakai
2 sdm gula pasir halus --> 1 sdm
50 gr keju cheddar parut --> 25 gr
80 gr mentega --> 40 gr hollman butter
250 ml air es (kurang lebih) --> 125 ml
250 gr korsvet (pipihkan, bentuk persegi panjang) --> 125 gr
3 kuning telur buat olesan --> 1 btr kuning telur+ 1 sdt susu evaporasi
100 gr keju cheddar, parut halus untuk taburan --> secukupnya

Cara Membuat:
  1. Campur terigu, garam, gula, keju cheddar dan mentega, uleni sambil ditambah air es sedikit demi sedikit. Jika sudah kalis, giling memanjang. Taruh korsvet di tengah-tengah adonan (2/3 bagian). Lalu lipat bagian adonan yang tidak kena korsvet ke tengah. Bungkus plastik wrap, simpan di kulkas sekitar 20 menit.
  2. Keluarkan adonan dari kulkas, gilas adonan memanjang, lipat bagian atas dan bawah ke bagian tengah. Bungkus dan simpan di kulkas lagi. Lakukan 2-3 kali.
  3. Gilas adonan kurang lebih 1/2 cm, lalu potong-potong ukuran 1x15cm. Olesi permukaan dengan kuning telur dan taburi keju parut, lalu puntir kedua ujungnya. Tata di loyang yang sudah dioles margarin.
  4. Panggang dengan suhu 190-200'C hingga matang (berwarna kecokelatan) sekitar 20-25 menit.
Aku hanya pakai setengah resep saja, hasil jadinya lumayan buat 3 orang (aku sama anak-anak hehe).


Sewaktu dipanggang, adonan kelihatan berlapis-lapis ahay seneng deh. Baru matang langsung pingin icip-icip, membuktikan apakah hasilnya renyah atau tidak. Tapi, sabar sebentar biar gak kepanasan nih. Alhamdulillah, renyah dan hasilnya tidak "ngendal" di langit-langit mulut, seperti biasanya kalau makan pastry isi vla/cum-cum/kacang/pisang.


Adonannya sebagian aku buat bentuk hati, caranya setelah digilas memanjang, ditaburi keju parut, lalu bagian atas dan bawah dilipat beberapa lipatan sampai bertemu di bagian tengah dan dirapatkan. Tinggal dipotong-potong dengan ketebalan sekitar 1/2 cm, taruh di loyang, olesi kuning telur, taburi gula pasir dan panggang deh.


Wanna try?


Jumat, 28 Maret 2014

Mocca Potato Bread

Udah hari Jum'at lagi, bersiap weekend bersiap camilan hehe. Buat roti sobek aja, ditambah kentang biar makin empuk.


Mocca Potato Bread

Bahan:
250 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr tepung terigu protein sedang
60 gr gula pasir
10 gr susu bubuk
 6 gr ragi instan
100 gr kentang kukus, haluskan
150 ml susu cair hangat
  25 gr margarin
1/2 sdt pasta mocca
1/4 sdt pasta cokelat

Cara Membuat:
  1. Campur terigu, gula pasir, susu bubk dan ragi instan. Aduk rata, lalu masukkan kentang kukus. Uleni/mikser sambil ditambah susu cair sedikit demi sedikit hingga adonan menggumpal dan menyatu. Hentikan penambahan susu cair jika adonan terlihat cukup lembab/tidak terlalu lembek.
  2. Masukkan margarin dan pasta, uleni lagi hingga kalis elastis. Bulatkan adonan, taruh dalam wadah yang sudah dioles margarin. Tutup dengan kain lembab/plastik wrap. Istirahatkan sekitar 1 jam hingga mengembang 2x lipat dari adonan semula.
  3. Kempiskan adonan, pipihkan. Lalu bagi adonan menjadi 12 bagian. Bulatkan. Istirahatkan 10 menit. Pipihkan, beri isian (jika ada), lalu bulatkan lagi dan taruh di loyang yang sudah dioles margarin. Beri jarak antar adonan. Istirahatkan lagi 1 jam, hingga mengembang ringan.
  4. Panaskan oven 190'C. Olesi permukaan roti dengan susu cair/susu evaporasi, panggang hingga matang (15-20 menit). Angkat, olesi permukaannya dengan margarin/mentega agar mengkilap dan wangi. Keluarkan dari loyang.
  5. Siap disajikan :)

Biarpun tanpa telur, roti kentangnya tetap empuk. Sebagian diberi isian kacang hijaunya kue ku yang kubuat beberapa waktu lalu.


Selamat berlibur semuanya.....

Rabu, 26 Maret 2014

Serabi Beras

Belum punya cetakan serabi, tapi ingin buat serabi?ya memanfaatkan wajan apa aja deh, kebetulan di rumah ada wajan yang agak kecil. Apa bisa?langsung dicoba aja yuk...



Serabi Beras

Bahan:
200 gr tepung beras putih
  1 sdt ragi instan
  3 sdt gula pasir
560 ml santan encer
  2 btr telur
1/2 sdt garam halus
  2 sdm air pandan suji/3 tetes pasta pandan

Cara Membuatnya:
  1. Campur tepung beras, ragi dan gula pasir, aduk rata. Masukkan telur dan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Saring bila perlu.
  2. Beri garam dan air pandan suji, aduk rata. Diamkan selama 2 jam.
  3. Panaskan cetakan serabi, tuang adonan sampai 3/4 penuh, biarkan hingga terlihat berlubang-lubang, tutup, biarkan matang sempurna.
  4. Angkat, siap disajikan dengan kuah santan.
Untuk serabinya, aku buat setengah resep saja dari resep diatas. Hasilnya sekitar 8 buah serabi.


Untuk kuah santannya, disesuaikan dengan selera masing-masing. Berikut ini resep coba-cobaku..

Kuah Santan
by Firlia

Bahan:
300 ml santan encer (dari 300 ml santan instan + 300 ml air, dimasak bersama 2 lbr pandan, lalu diambil 280 ml untuk adonan serabi, sisanya untuk kuah)
 40 gr gula pasir
  1 sdm gula jawa (kuahnya jadi kurang cokelat, tapi di rumah yang ada segitu aja hehe)
1/4 sdt garam

Cara Membuat:
  1. Campur semua bahan, lalu masak hingga mendidih sambil diaduk agar santan tidak pecah. 
  2. Angkat, saring, siap disajikan bersama serabi.

Ternyata serabi buatan sendiri enak loh (pede yaa..), meski warna hijaunya kurang jelas dan aroma pandannya kurang mantap karena hanya pakai pasta pandan. Lain kali mau coba pakai pandan asli deh, tapi nunggu tanamannya berkembang hehe..

Makin semangat bikin jajanan tradisional Indonesia tercinta nih, tapi yang sederhana dulu deh. Kalau yang agak ribet nunggu anak-anak agak besar aja hehe *alasan.
Ini penampakan wajan serabi jadi-jadiannya hehe...

Jarak api kompor dengan wajan dijauhkan dengan bantuan rak besi yang biasa buat panggangan ikan. Hasilnya serabi matang merata, tidak gosong di bagian bawahnya. Cukup dioles minyak dengan kain di awal sebelum dipanaskan, bebas lengket sampai akhir hehe. 
Selamat mencoba!
 

Minggu, 23 Maret 2014

Bubur Kacang Hijau

Beberapa kali ibuku beli bubur kacang hijau, kok enak ya hehe. Rasanya gak bikin eneg, kental tapi lembut, pokoknya enak deh (bingung menjelaskan detailnya hihi). Dan seperti biasalah, penasaran kalau habis ketemu makanan yang enak-enak. Paling tidak, berusaha mencoba buat sendiri alias menantang diri sendiri untuk bisa membuatnya.

Resepnya suka-suka, karena cari di google kok penampakannya beda dengan yang dijual disini. Ya sudah ngawur.com lah...

Bubur Kacang Hijau
by Firlia

Bahan Bubur:
50 gr kacang hijau, rendam 2 jam, tiriskan
50 gr gula pasir
  1 sdm gula jawa
1-1,5 L air
1/2 sdt garam
  1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
  2 lbr daun pandan

Bahan Kuah Santan:
100 ml santan sedang
  1 lbr daun pandan
1/4 sdt garam

Cara Membuat:
  1. Masak kacang hijau bersama gula pasir, gula jawa, air 1 L, garam dan daun pandan.
  2. Bila airnya mulai menyusut tapi dirasa kacang hijaunya kurang lembek, tambahkan airnya. Masak lagi hingga airnya berkurang, lalu masukkan larutan maizena, aduk-aduk sampai mengental dan meletup-letup. Matikan api.
  3. Kuah Santan: campur semua bahan, masak sambil diaduk-aduk hingga mendidih.
  4. Taruh bubur dalam mangkuk, siram dengan kuah santan.

Jadinya sudah enak, tapi sepertinya kurang aroma vanili seperti yang biasa dibeli ibuku itu. Kenapa gak kepikiran yah hehe. So far, puas deh. Makan bubur kacang hijau ditemani buku "Catatan Pagi" karya sahabatku Fitri Sudjarwadi, what a wonderful moment....

Jumat, 21 Maret 2014

Kue Ku

Kue ku atau biasa disebut kue tok di daerah Lumajang sini merupakan salah satu jajanan tradisional yang kusuka. Sewaktu kecil dulu biasanya ada ibu-ibu penjual kue tradisional yang berjalan kaki sambil memanggul wadah kue warna merah di kepalanya. Serasa menemukan harta karun kalau ibu penjualnya membuka wadah merah itu, asli kuenya cantik-cantik dan menggoda, dan rasanya juga enak pakai banget hehe. Sekarang sulit menemukan penjual seperti itu lagi, karena katanya bakul kuenya (pemilik) sudah meninggal dan tidak ada yang melanjutkan usahanya.


Jadi sekarang coba buat kue ku sendiri saja. Untuk bahan kulitnya lihat di blognya mbak Hesti disini. Sedangkan isiannya, modifikasi dari isian onde-onde yang kuposting beberapa waktu lalu disini.



Alhamdulillah berhasil, biarpun agak kesulitan waktu mencetaknya hehe, enak loh, wangi pandan pula, pas deh.

Minggu, 16 Maret 2014

Roti Wortel Isi Cokelat

Beli wortel mau dibuat sop, kok males hehe. Dibuat campuran roti aja deh. Dulu sudah pernah posting resepnya disini, tapi sekarang mau coba pakai telur utuh saja. 



Roti Wortel

Bahan:
200 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein sedang
 50 gr gula pasir
1/2 sdm ragi instan
 10 gr susu bubuk
  1 btr telur
100 gr wortel kukus, haluskan
100 ml susu cair hangat
 35 gr shortening/margarin

Bahan Isian Cokelat: (masak dengan api kecil hingga cokelat meleleh, simpan di kulkas)
100 gr dark compound chocolate (DCC), cincang
  50 ml air
  20 gr kopi instant/milo/susu bubuk cokelat

Cara Membuat:
  1. Ambil 50 ml susu cair hangat, campurkan dengan ragi dan 1/2 sdm gula pasir, aduk dan biarkan sekitar 10 menit hingga berbusa. 
  2. Campurkan terigu, sisa gula, aduk rata. Masukkan campuran wortel, campuran ragi dan telur, uleni/mikser hingga adonan mulai menyatu. Tambahkan susu cair jika dirasa adonan kering. Uleni lagi hingga setengah kalis. Tambahkan shortening, uleni hingga kalis, elastis. Tambahkan tepung jika adonan terlalu lengket. 
  3. Bulatkan adonan, taruh dalam wadah yg diolesi margarin, istirahatkan sampai mengembang 2x (sekitar 30-60 menit). Kempiskan adonan, pipihkan bentuk persegi panjang, beri isian, gulung seperti menggulung bolu gulung, tata di loyang tulban diameter 20 cm yg sudah diolesi margarin (bagian bawah hingga sisi-sisi loyang). Istirahakan kembali selama 45-60 menit.
  4. Panaskan oven 190'C. Beri bahan olesan, lalu panggang kurang lebih 20-25 menit hingga matang. 
  5. Keluarkan dari oven, beri polesan mentega agar permukaan mengkilap dan aromanya harum. Keluarkan dari loyang, dinginkan. Boleh langsung disantap selagi hangat hehe...
Aroma roti fresh from the oven itu memang menyenangkan dan menenangkan hehe, apalagi saat makan bersama anak-anak wuiiih senangnya bukan kepalang :).


Biarpun ditambah wortel, tidak ada aroma "langu" khas wortel. Hanya ada aroma roti.


Sabtu, 15 Maret 2014

Brownies Panggang

Waahhhh, serasa udah lama gak makan brownies panggang hehe. Sibuk buat aneka roti sih :). Kali ini langsung eksekusi buat brownies pagi-pagi, biar bisa dinikmati siang dan sore hari yippieee.



Brownies 

Bahan:
250 gr Dark Compound Chocolate (aku: 200 gr)
100 gr margarin
 50 ml air
  3 btr telur
225 gr gula pasir (aku: 150 gr)
100 gr tepung terigu serbaguna
  30 gr cokelat bubuk (aku: 20 gr cokelat bubuk+10 gr susu bubuk)

Taburan:
25 gr almond slice (aku pakai crispy ball)

Cara Membuat:
  1. Panaskan air dan margarin. Tambahkan coklat potong>aduk sampai coklat larut. Sisihkan.
  2. Kocok telur dan gula 3 menit asal rata. Tambahkan campuran coklat, aduk rata.
  3. Tambahkan tepung terigu dan coklat bubuk sambil diayak dan diaduk rata.
  4. Tuang ke loyang ukuran 22x22x4 yang dioles margarin dan dialas kertas roti.
  5. Oven 40 menit dengan suhu 180 derajat celcius.
Aku pakai loyang dengan ukuran 24x22x4 cm, sengaja pakai loyang lebih besar agar hasilnya lebih tipis.

Separuh loyang dipotong kotak, sisanya dipotong memanjang dan dipanggang lagi dengan suhu 120'C selama 60 menit. Jadi 2 macam brownies deh, brownies panggang dan brownies cookies hehe.



Karena jumlah gulanya dikurangi lumayan banyak, hasilnya tidak muncul shiny crust di permukaan browniesnya. Meskipun begitu, rasanya sudah cukup manis menurutku dan tentu saja enak, lembab di dalamnya.

Kamis, 13 Maret 2014

Mung Bean Pandan Loaf Bread

Berkreasi dengan aneka resep roti tawar. Mulai roti tawar tanpa telur, pakai telur, sekarang ditambah kacang hijau.

Mung Bean Pandan Loaf Bread

Bahan:
150 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein sedang
 50 gr kacang hijau kupas, rendam 2 jam, kukus 30 menit, haluskan (timbang, ambil 100 gr)
  1 sdt ragi instan
30 gr gula pasir
 10 gr susu bubuk
  1 btr telur
125-150 ml air hangat
 30 gr margarin
1/2 sdt pasta pandan

Cara Membuat:
  1. Campur 50 ml air hangat dengan ragi dan 10 gr gula pasir, aduk. Diamkan hingga berbusa (sekitar 5-10 menit).
  2. Campur bahan kering (tepung, susu bubuk, gula pasir), lalu masukkan kacang hijau, campuran ragi dan telur. Uleni/mikser hingga bergumpal-gumpal. Tambahkan sisa airnya sedikit demi sedikit, uleni hingga agak kalis. Masukkan margarin, uleni sampai kalis elastis.
  3. Bulatkan adonan, taruh dalam wadah yang diolesi margarin. Tutupi kain lembab/cling wrap, istirahatkan 40-50 menit hingga mengembang.
  4. Kempiskan adonan, pipihkan bentuk persegi panjang. Sesuaikan dengan ukuran loyang. Lalu gulung sambil dipadatkan.
  5. Taruh di dalam loyang yang sudah dioles margarin. Tutupi kain, istirahatkan lagi hingga mengembang 2x, sekitar 40-60 menit (tergantung kelembaban udara).
  6. Panaskan oven 190'C. Olesi permukaan roti dengan bahan olesan, lalu panggang roti sekitar 20-25 menit hingga matang. 
  7. Keluarkan dari loyang, biarkan hingga dingin agar mudah saat dipotong.
Tambahan kacang hijau dalam adonan menyebabkan adonan lebih berat, jadi memerlukan waktu lebih lama agar mengembang.
Aroma pandan dan kacang hijaunya enak, pas banget. Hasilnya tekstur roti lebih lembut tapi agak berongga, tidak sepadat roti tawar biasa di postingan sebelum-sebelum ini. Entah kurang lama menguleni atau apa, belum jelas penyebabnya. 
Tapi, senang nih ada variasi roti tawar lagi. Dengan tambahan kacang hijau, jadi lebih bergizi deh hehe.


Rabu, 12 Maret 2014

Puding Roti

Setelah posting puding roti pandan kemarin, jadi kangen pingin buat lagi hehe. Tapi roti tawarnya yang biasa, karena adanya itu. Trus susu cairnya diganti susu kental manis yang ditambah air.



Puding Roti

Bahan:
  4 bh roti tawar
 75 ml susu kental manis
225 ml air
 2 btr telur
1/2 sdt pasta vanilla susu
1/4 sdt garam
  1 sdm margarin, lelehkan

Bahan Taburan:
Keju cheddar, parut
Chocochip
Crispy ball

Cara Membuat:
  1. Sobek/potong-potong roti tawarnya, tata di pinggan tahan panas/cup alumunium foil.
  2. Campur susu kental manis, air, telur, vanila dan garam. Aduk dengan whisk hingga rata. Tambahkan margarin leleh, aduk lagi.
  3. Tuang sebagian bahan cair ke dalam roti tawar hingga terendam, biarkan sebentar hingga meresap.
  4. Taburi keju dan chocohip, lalu tuang sisa bahan cair hingga habis. Taburi dengan bahan taburan lagi.
  5. Panaskan oven 160-170'C.  Siapkan loyang yang lebih besar, isi air panas. Taruh pinggan puding dalam loyang yang berisi air, lalu panggang dengan sistem au bain marie selama 30-40 menit hingga matang.
  6. Angkat. Siap disajikan hangat maupun dingin (disimpan dalam kulkas).
Pudingnya enak, walau tanpa gula, sudah manis dari susu kental manisnya.
 Dipotong setelah disimpan di kulkas, teksturnya tetap lembut.

Roti Tawar lagiiii...

Beberapa hari ini berkutat dengan rerotian, terutama roti tawar. Selain pesanan pelanggan juga pesanan anakku hehe. Anakku lagi suka roti tawar dioles selai blueberry, bekal sekolah maunya itu. Diganti menu lain langsung ngambek. Ya sudah deh, malam-malam bergulat dengan tepung dan oven. Kalau sebelumnya buat roti tawar tanpa telur seperti postingan disini, sekarang buat roti tawar pakai telur. Resep aslinya bisa dilihat di blognya teh Ricke disini.

Roti Tawar
by Ricke
modified by me

Bahan:
150 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein sedang
  20 gr gula pasir
  10 gr susu bubuk
  1 btr telur
  1 sdt ragi instan
125-150 ml air hangat/susu cair hangat
  25 gr margarin

Bahan Olesan: 
susu evaporasi/kuning telur/susu cair
Cara Membuat:
  1. Campur 50 ml air hangat dengan ragi dan 10 gr gula pasir, aduk. Diamkan hingga berbusa (sekitar 5-10 menit).
  2. Campur bahan kering (tepung, susu bubuk, gula pasir), lalu masukkan campuran ragi dan telur. Uleni/mikser hingga bergumpal-gumpal. Tambahkan sisa airnya sedikit demi sedikit, uleni hingga agak kalis. Masukkan margarin, uleni sampai kalis elastis.
  3. Bulatkan adonan, taruh dalam wadah yang diolesi margarin. Tutupi kain lembab/cling wrap, istirahatkan 30-40 menit hingga mengembang.
  4. Kempiskan adonan, pipihkan bentuk persegi panjang. Sesuaikan dengan ukuran loyang. Lalu gulung sambil dipadatkan.
  5. Taruh di dalam loyang yang sudah dioles margarin. Tutupi kain, istirahatkan lagi hingga mengembang 2x, sekitar 40-60 menit (tergantung kelembaban udara).
  6. Panaskan oven 190'C. Olesi permukaan roti dengan bahan olesan, lalu panggang roti sekitar 20-25 menit hingga matang. 
  7. Keluarkan dari loyang, biarkan hingga dingin agar mudah saat dipotong.
Karena suhu udara agak hangat, rotinya jadi cepat mengembang. 

Alhamdulillah,  roti tawarnya laris dimakan anak-anak.


Setelah dipotong, dioles selai langsung deh disantap :).



Selasa, 11 Maret 2014

Puding Roti Pandan

Sebenarnya ini hasil baking beberapa bulan yang lalu, hanya saja baru ingat kalau belum diposting di blog hehe.


Puding roti ini resepnya bu Fatmah Bahalwan, dg tambahan topping putih telur ala klapertaart.

Puding Roti Pandan
by Fatmah Bahalwan
modified by me

Bahan Puding:
3 lbr roti tawar pandan, potong kotak/sobek-sobek
2 btr telur ukuran besar (atau 3 jika uk. kecil)
300 ml susu cair
100 gr gula pasir
1/2 sdt vanili


Bahan Topping:
100 gr putih telur
25 gr gula pasir
1/2 sdt air jeruk nipis/lemon
1 sdm tepung terigu

Bahan Taburan:
Chocochip
Keju parut
Almond
Kayu manis bubuk

Cara membuatnya:
  1. Puding: Aduk telur dan gula , menggunakan balloon whisk hingga gula larut, tuangi susu sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk hingga rata, saring, beri kayu manis bubuk aduk rata.
  2. Menggunakan pinggan tahan panas/cup alufoil, atur roti tawar berbaris rapi, siram dengan adonan susu sambil ditekan-tekan garpu, biarkan roti terendam (bisa ditambah taburan chocochip/kismis/keju).
  3. Panggang dalam oven suhu 180'C selama 25-30 menit.
  4. Keluarkan dari oven, beri topping, taburan, panggang lagi dg suhu 160'C 15-20 menit hingga bagian atasnya kecokelatan (tergantung oven masing2 ya).
  5. Keluarkan dari oven, biarkan hingga uap panas hilang. Bisa disajikan hangat ataupun dingin.
Topping:
Kocok putih telur, air jeruk hingga berbusa, tambahkan gula. Kocok lagi hingga mengembang dan kaku (soft peak), masukkan tepung sambil diayak. Aduk balik perlahan dg spatula hingga rata. Masukkan piping bag, semprotkan di atas puding.

Senin, 10 Maret 2014

Pangsit Keju Goreng (Cheese Stick)

Resep aslinya dari Mrs. Primpuna disini, judulnya pangsit goreng. Karena kupotong bentuk panjang-panjang jadi mirip cheese stick deh hehe..


Berikut resep selengkapnya...

Pangsit Keju Goreng
modified by me

Bahan:
100 gr tepung terigu protein sedang
  20 gr tepung tapioka
  25 gr keju cheddar, parut
   1 sdt garam
1/2 sdt baking powder double acting (atau 1 sdt bp biasa)
1/4 sdt merica bubuk
   1 btr telur
   1 sdm margarin
  40 ml air

Cara Membuat:

  1. Campur terigu, tapioka, keju parut, garam, baking powder dan merica bubuk.
  2. Masukkan telur sambil diuleni perlahan-lahan, tambahkan air sedikit demi sedikit. Uleni hingga adonan menyatu dan rata.
  3. Tambahkan margarin, uleni lagi hingga halus.
  4. Taruh adonan diatas meja yang sudah ditaburi tepung, pipihkan dan gilas hingga tipis. (Lebih mudah menggunakan pasta maker)
  5. Potong-potong memanjang bentuk stik/bentuk sesuai selera.
  6. Panaskan minyak, goreng pangsit hingga matang.
  7. Angkat, tiriskan.


Ada beberapa potongan yang lengket satu sama lain karena taburan tepungnya kurang, hasilnya waktu digoreng saling menumpuk, sulit dipisahkan.
Soal rasa, enak dong dan yang pasti renyah. Tips saat menggoreng, sering dibalik-balik biar matangnya rata dan tidak gosong.

Sabtu, 08 Maret 2014

Onde-Onde Pandan

Beberapa waktu lalu buat onde-onde tapi belum nemu kacang hijau kupas, akhirnya pakai kacang hijau yang berkulit hehe, postingannya bisa dilihat disini. Kemarin tidak sengaja lihat kacang hijau kupas di salah satu toko bahan kue, langsung deh dibeli. 
Kali ini kulitnya tanpa tambahan kentang, pakai resep Onde-Onde Nougat punya bu Fatmah, sedangkan isiannya tetap pakai kacang hijau.


Onde-Onde Pandan
modified by me

Bahan Kulit:
250 gr tepung ketan putih
  35 gr tepung beras
100 gr gula pasir
1/2 sdt pasta pandan
1/4 sdt garam
200 ml air matang

Bahan Isian:
100 gr kacang hijau kupas, rendam 2 jam, kukus 30 menit hingga lunak.
  50 gr gula pasir
1/4 sdt garam
  50 ml air/santan encer
  1 lbr daun pandan
1/2 sdm minyak

Wijen secukupnya

Cara Membuat:
  1. Isian: Haluskan kacang hijau, bisa dengan bantuan punggung sendok atau ditumbuk/diblender. Lalu campur dengan bahan lain, masak sambil diaduk hingga kalis. Matikan api. Masukkan minyak, aduk rata. Diamkan hingga hangat dan bisa dipulung, bentuk bulatan-bulatan. Siap digunakan untuk isian.
  2. Kulit: Campur tepung ketan, tepung beras, gula dan garam. Panaskan air tapi jangan sampai mendidih, lalu tuang sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung. Aduk perlahan dengan sendok kayu. Hentikan penambahan air jika adonan sudah kalis/tidak kering dan bisa dibentuk. Tambahkan pasta pandan, uleni hingga rata.
  3. Penyelesaian: Ambil sedikit bahan kulit, bulatkan, pipihkan lalu beri isian. Bulatkan kembali menjadi bola-bola. Lakukan hingga adonan habis.
  4. Gulingkan dalam air dingin, lalu gulingkan dalam wijen hingga semua bagian tertutup rata.
  5. Panaskan minyak, goreng onde-onde dengan api kecil hingga matang.
  6. Angkat, tiriskan, siap disajikan.

Hasilnya tidak kempes setelah digoreng, juga tidak keras. Enak deh, ada wangi pandannya juga. Sewaktu digoreng juga tidak ada yang meletus.
Beberapa adonan yang terakhir kehabisan wijen, akhirnya dikukus dan dihias cokelat coret dan jadi mirip mochi deh hehe...

Kamis, 06 Maret 2014

Roti Tawar

Ketemu resep roti simpel di blognya mbak Hesti disini, roti tawar zebra. Katanya mbak Hesti hasilnya cukup empuk untuk ukuran roti tawar, kalau terlalu empuk malah jadi roti sobek dong hehe. Langsung coba ah, semoga raginya masih bagus :). Aku buatnya cukup setengah resep, tanpa zebra alias tanpa adonan cokelatnya. Hasilnya 1 loyang roti tawar.


Roti Tawar
modified by me

Bahan:
150 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein sedang
  15 gr susu bubuk
  1 sdt ragi instan
  25 gr gula pasir
150 ml air hangat
  25 gr margarin
1/4 sdt garam

Cara Membuat:
  1. Campur 50 ml air hangat dengan ragi dan 10 gr gula pasir, aduk. Diamkan hingga berbusa (sekitar 5-10 menit).
  2. Campur bahan kering (tepung, susu bubuk, gula pasir), lalu masukkan campuran ragi. Uleni/mikser hingga bergumpal-gumpal. Tambahkan sisa airnya sedikit demi sedikit, uleni hingga agak kalis. Masukkan margarin dan garam, uleni sampai kalis elastis.
  3. Bulatkan adonan, taruh dalam wadah yang diolesi margarin. Tutupi kain lembab/cling wrap, istirahatkan 30-40 menit hingga mengembang.
  4. Kempiskan adonan, pipihkan bentuk persegi panjang. Sesuaikan dengan ukuran loyang. Lalu gulung sambil dipadatkan.
  5. Taruh di dalam loyang yang sudah dioles margarin. Tutupi kain, istirahatkan lagi hingga mengembang 2x, sekitar 40-50 menit (tergantung kelembaban udara).
  6. Panaskan oven 190'C. Olesi permukaan roti dengan putih telur/susu evaporasi. Lalu panggang roti sekitar 15-20 menit hingga matang. 
  7. Keluarkan dari loyang, biarkan hingga dingin agar mudah saat dipotong.
 
Rotinya empuk banget waktu panas, jadi dipotongnya harus menunggu dingin biar rapi.

Rabu, 05 Maret 2014

Chiffon Again....

Anakku lagi suka banget kue warna-warni, tapi kalau buat rainbow cake pasti diambil yang warna favoritnya aja. Mending buatnya warna-warni dalam chiffon aja, seperti postingan Chiffon Rainbow Cake beberapa waktu lalu. Tapi kali ini cukup 2 warna aja, hijau-kuning (males banyak-banyak mangkok kotornya hehe).



Untuk resep kali ini aku coba ganti santan dengan susu cair dan tanpa baking powder, berikut resep selengkapnya....

Chiffon Cake Duo

Bahan A:
70 gr tepung terigu serbaguna
10 gr susu bubuk
10 gr tepung maizena
20 gr gula pasir
  4 btr kuning telur
50 ml susu cair (atau 20 gr susu bubuk+air hingga totalnya 50 ml)
50 ml minyak

Bahan B:
  4 btr putih telur
75 gr gula pasir
  1 sdt air jeruk nipis
1/4 sdt garam

Bahan C:
1/4 sdt pasta pandan
1/4 sdt pasta durian

Cara Membuat:
  1. Panaskan oven 150 derajat Celsius. (aku: 160'C)
  2. Adonan A:
    Campur gula pasir, susu bubuk, tepung maizena dan tepung terigu. Lubangi tengahnya. Tuang telur di tengah, aduk searah dari arah dalam menggunakan whisk, sambil dituangi minyak sayur dan susu cair. Aduk hingga menjadi adonan pasta halus.
  3. Adonan B:
    Kocok putih telur, gula pasir, garam dan air jeruk nipis hingga puncak tumpul (soft peak).
  4. Campurkan adonan B ke adonan A secara bertahap (tidak sekaligus), aduk perlahan dengan whisk hingga rata.
  5. Bagi adonan menjadi 2 bagian. Campur 1 bagian adonan dengan pasta pandan, 1 bagian lain dengan pasta durian.
  6. Tuang kedua adonan tersebut ke dalam loyang chiffon tanpa dioles apa-apa, lakukan berselang-seling. Panggang kurang lebih 70 menit dengan suhu 160'C (permukaan membal bila disentuh).
  7. Keluarkan kue. Panas-panas, balikkan loyang, bisa disangga botol atau disangga kaki-kaki loyang. Biarkan dalam keadaan terbalik hingga dingin.
  8. Jalankan pisau tipis di sekeliling loyang dengan gerakan lurus. Juga di dasar kue.
  9. Lepaskan bagian tengah kue dengan menggunakan tusuk sate. Balik kue ke atas rak kawat atau langsung ke piring saji. Potong-potong menggunakan pisau gergaji. 

Hasilnya memang tidak setinggi yang pakai baking powder, tapi alhamdulillah tetap mengembang dan empuk selayaknya chiffon.
Say love with chiffon!!!

Minggu, 02 Maret 2014

Mini Crunchy Pie

Ada resep kulit pie yang unik dari Gordon Ramsay, syukurlah ada versi bahasa Indonesia di blognya mbak Mila disini. Katanya hasilnya renyah mirip kulit pastry. Ah, daripada penasaran langsung dipraktekkan aja ya....



Rough Puff Pastry by Gordon Ramsay
Source: bbcgoodfood.com

Bahan:
250 gr tepung protein tinggi
 1 sdt garam
250 gr mentega, di suhu ruangan namun tidak lembek
150 ml air dingin/air es

Cara membuat:
  1. Ayak tepung dan garam ke dalam mangkuk lebar. Robek-robek atau iris mentega hingga potongannya kecil-kecil, masukkan ke dalam campuran tepung dan garam dan remas sekedarnya. Kita masih bisa lihat bentuk mentega di dalam adonan.
  2. Buatlah lubang di tengah-tengah adonan dan tuangkan 2/3 air dingin, aduk hingga membentuk adonan padat tambahkan lagi air dingin jika perlu. Bungkus dengan plastik bening dan biarkan istirahat di kulkas selama 20 menit.
  3. Keluarkan dan letakkan di atas papan kerja yang sudah ditaburkan sedikit tepung, uleni seringan-ringannya dan bentuklah adonan menjadi empat persegi panjang. Gilas adonan hanya ke satu arah hingga 3 kali lebar asal, sekitar 20x50 cm. Jaga sisi-sisi pastry tetap lurus dan rata. Jangan terlalu lama menguleni mentega yang terlihat nyata di dalam adonan, karena adonan yang seharusnya baik (untuk rough puff pastry) adalah adonan anda memiliki efek marble dengan menteganya.
  4. Lipat pertiga atas adonan ke tengah-tengahnya, lalu lipat sepertiga adonan bawah ke atas dan di atas lipatan tadi. Putar adonan ke kiri atau ke kanan dan gilas lagi hingga 3 kali lipat panjangnya. Lipat seperti sebelumnya, bungkus dengan plastik bening dan biarkan dingin kurleb 20 menit sebelum digilas untuk dipakai. Bila ingin lapisannya lebih banyak, ulangi langkah no. 3 dan 4 sebanyak 2-3 kali lagi.
Untuk isiannya pakai resep sendiri dengan bahan seadanya di rumah, berikut resep selengkapnya...

Rougut Wortel-Tomat

Bahan:
2 bh wortel lokal, parut kasar
50 gr fillet dada ayam, rebus, potong-potong
3 bh tomat, rebus, kupas, hancurkan
2 siung bawang putih, iris tipis
4 siung bawang merah, iris tipis
1 bh daun bawang, iris tipis
5 sdm saus tomat
1 sdt garam
1 sdt gula
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt oregano
50 ml air

Cara Membuat
  1. Tumis bawang putih, bawang merah dan daun bawang hingga harum. Masukkan fillet ayam, aduk sebentar, tambahkan wortel, tomat dan saus tomat, aduk rata. 
  2. Masukkan bumbu (gula, garam, merica, oregano), aduk rata. Tambahkan air, aduk hingga mengental. Cicipi, tambahkan bumbu bila dirasa kurang pas.
  3. Matikan api, dinginkan. Siap digunakan.
Bahan Olesan: 
1 btr kuning telur

Bahan Taburan:
Keju cheddar parut, secukupnya

Penyelesaian:
  1. Tipiskan adonan kulit pie, cetak bentuk lingkaran kecil-kecil dengan diameter 6cm.
  2. Ambil 1 kulit pie, beri isian, lalu tutup dengan 1 kulit pie lagi. Tekan-tekan bagian pinggir pie dengan garpu agar menempel sempurna. Lakukan hingga semua adonan habis.
  3. Tata pie di loyang yang diolesi margarin tipis-tipis, beri jarak.
  4. Beri olesan kuning telur di permukaan pie.Beri taburan keju.
  5. Panggang sekitar 20-25 menit dengan suhu 180-190'C hingga kecokelatan.

Hasilnya benar-benar crunchy alias renyah, mirip kulit pastry dan rasanya gurih. Alhamdulillah, dengan resep sederhana ternyata jadinya enak. Karena ukurannya yang mini, makan 3 buah kok masih kurang hehe.

Sabtu, 01 Maret 2014

Chiffon Rainbow Cake

Lihat postingan Chiffon Rainbow Cake bu Fatmah Bahalwan di fb langsung mupeng, cantik banget hasilnya. Ya iyalah, bu Fat gitu loh....super woman-nya NCC hehe.


Langsung deh meluncur ke website lamanya NCC disini, cari resep Chiffon cake yang dimaksud. Karena loyang chiffonku hanya berukuran diameter 17cm, aku buatnya 1/2 resep saja. Berikut kutulis resep lengkapnya beserta modifikasi punyaku yang di dalam kurung.

Chiffon Rainbow Cake

Bahan A: (adonan pasta)
50 g            Gula pasir (20 gr gula pasir)
20 g            Susu bubuk full cream (10 gr)
20 g            Tepung maizena (10 gr)
140 g          Tepung terigu (70 gr)
1 sdt           BPDA (1/2 sdt)
100 ml         minyak sayur (50 ml)
100 ml         santan sedang (20 gr santan bubuk+50 ml air panas)
140 g           kuning telur (4 btr/70 gr)

Bahan B: (adonan putih telur)
300 ml         Putih telur (4 btr)
150 g          Gula pasir (75 gr)
½ sdt          Garam halus (1/4 sdt)
1 sdt           Cream of tartar (1 sdt air jeruk nipis)

Bahan C: (pasta)
½ sdt          pasta pandan (1/4 sdt)
½ sdt          pasta strawberry (1/4 sdt)
½ sdt          pasta cokelat (1/4 sdt)

Cara Membuat:
  1. Panaskan oven 150 derajat Celsius. (aku: 160'C)
  2. Adonan pasta:
    Campur gula pasir, susu bubuk, tepung maizena , tepung terigu, dan BPDA. Lubangi tengahnya. Tuang telur di tengah, aduk searah dari arah dalam menggunakan whisk, sambil dituangi minyak sayur dan santan. Aduk hingga menjadi adonan pasta halus.
  3. Adonan putih telur:
    Kocok putih telur, gula pasir, garam dan air jeruk nipis hingga puncak tumpul (soft peak).
  4. Campurkan adonan putih telur ke dalam adonan pasta, aduk perlahan dengan whisk hingga rata.
  5. Bagi adonan menjadi 3 bagian. Campur 1 bagian adonan dengan pasta pandan, 1 bagian lain dengan pasta strawberry, dan 1 bagian lain dengan pasta coklat.
  6. Tuang ketiga adonan tersebut ke dalam loyang chiffon tanpa dioles apa-apa, lakukan berselang-seling. Panggang kurang lebih 90 menit hingga kue matang dan kokoh (jika ditekan permukaannya kembali membal). (aku: panggang 60 menit dengan suhu 160'C, lanjut 30 menit memanggang dengan suhu 150'C)
  7. Keluarkan kue. Panas-panas, balikkan loyang, bisa disangga botol atau disangga kaki-kaki loyang. Biarkan dalam keadaan terbalik hingga dingin.
  8. Jalankan pisau tipis di sekeliling loyang dengan gerakan lurus. Juga di dasar kue.
  9. Lepaskan bagian tengah kue dengan menggunakan tusuk sate. Balik kue ke atas rak kawat atau langsung ke piring saji. Potong-potong menggunakan pisau gergaji.

Hasilnya biarpun tidak secantik buatan bu Fat, tapi alhamdulillah lembut, empuk dan enak.
Terima kasih bu Fat...