Sabtu, 08 Maret 2014

Onde-Onde Pandan

Beberapa waktu lalu buat onde-onde tapi belum nemu kacang hijau kupas, akhirnya pakai kacang hijau yang berkulit hehe, postingannya bisa dilihat disini. Kemarin tidak sengaja lihat kacang hijau kupas di salah satu toko bahan kue, langsung deh dibeli. 
Kali ini kulitnya tanpa tambahan kentang, pakai resep Onde-Onde Nougat punya bu Fatmah, sedangkan isiannya tetap pakai kacang hijau.


Onde-Onde Pandan
modified by me

Bahan Kulit:
250 gr tepung ketan putih
  35 gr tepung beras
100 gr gula pasir
1/2 sdt pasta pandan
1/4 sdt garam
200 ml air matang

Bahan Isian:
100 gr kacang hijau kupas, rendam 2 jam, kukus 30 menit hingga lunak.
  50 gr gula pasir
1/4 sdt garam
  50 ml air/santan encer
  1 lbr daun pandan
1/2 sdm minyak

Wijen secukupnya

Cara Membuat:
  1. Isian: Haluskan kacang hijau, bisa dengan bantuan punggung sendok atau ditumbuk/diblender. Lalu campur dengan bahan lain, masak sambil diaduk hingga kalis. Matikan api. Masukkan minyak, aduk rata. Diamkan hingga hangat dan bisa dipulung, bentuk bulatan-bulatan. Siap digunakan untuk isian.
  2. Kulit: Campur tepung ketan, tepung beras, gula dan garam. Panaskan air tapi jangan sampai mendidih, lalu tuang sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung. Aduk perlahan dengan sendok kayu. Hentikan penambahan air jika adonan sudah kalis/tidak kering dan bisa dibentuk. Tambahkan pasta pandan, uleni hingga rata.
  3. Penyelesaian: Ambil sedikit bahan kulit, bulatkan, pipihkan lalu beri isian. Bulatkan kembali menjadi bola-bola. Lakukan hingga adonan habis.
  4. Gulingkan dalam air dingin, lalu gulingkan dalam wijen hingga semua bagian tertutup rata.
  5. Panaskan minyak, goreng onde-onde dengan api kecil hingga matang.
  6. Angkat, tiriskan, siap disajikan.

Hasilnya tidak kempes setelah digoreng, juga tidak keras. Enak deh, ada wangi pandannya juga. Sewaktu digoreng juga tidak ada yang meletus.
Beberapa adonan yang terakhir kehabisan wijen, akhirnya dikukus dan dihias cokelat coret dan jadi mirip mochi deh hehe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for your coming.....