Rabu, 12 Februari 2014

Onde-Onde Kentang

Sudah beberapa kali mencoba buat jajanan tradisional Indonesia, sekarang waktunya mencoba Onde-onde. Banyak resep bertebaran, tapi jatuh cinta dengan resepnya Diana Cahya karena menambahkan kentang dalam adonannya.


Ini dia resep selengkapnya....

Onde-Onde Kentang

Bahan Kulit:
100 gr kentang, kukus, haluskan
200 gr tepung ketan putih
  50 gr gula halus
1/2 sdt garam (aku tidak pakai)
150 ml air hangat (aku: 100 ml karena kentangnya mengandung banyak air)

Bahan Isi:
100 gr kacang hijau kupas, rendam semalam (aku kacang hijau pakai kulit)
100 ml santan (aku: 20 gr santan bubuk+air hingga jadi 100 ml)
  50 gr gula pasir
1/2 sdt garam (aku: 1/4 sdt)
1/4 sdt vanili bubuk (aku: 1 lbr daun pandan)

Tambahan: wijen

Cara Membuat:
  1. Isian: Kukus kacang hijau selama 30 menit, haluskan.
  2. Jerang ke dalam wajan beserta santan + gula + garam + vanili.
  3. Aduk2 dengan api kecil hingga kalis, dinginkan.
  4. Setelah dingin, bulat2kan untuk isian.
  5. Kulit: Campur bahan kering, tambahkan air sedikit demi sedikit hingga adonan kalis. 
  6. Penyelesaian: Bulatkan adonan kulit, beri isian, bulatkan lagi. Gulingkan ke wijen hingga menutupi semua bagian. Lakukan hingga adonan habis. (note: jika adonan kulit agak kering, celupkan ke dalam air sebelum digulingkan ke wijen agar wijen menempel sempurna)
  7. Goreng dengan api sedang hingga matang berwarna kecokelatan.

Meskipun bentuknya tidak bulat sempurna, tapi alhamdulillah setelah digoreng hasilnya tidak kempes atau penyok. Dalamnya juga tidak kopong, teksturnya empuk. Rasanya pas, tidak terlalu manis. Belum bisa membandingkan dengan onde-onde biasa/tanpa kentang, karena ini pertama kalinya buat.
Next time, coba onde-onde biasa deh :).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for your coming.....