Kamis, 27 Februari 2014

Pear-Date Pie

Hari ini pas bertepatan dengan hari lahir, mau "me time" di dapur aja deh. Mencoba resep yang sudah lama dilihat tapi belum dipraktekkan hehe. 
Banyak sih resep yang jadi bookmark, tapi pilihannya jatuh ke pie. Awalnya mau buat Pie Apel yang termasuk makanan tradisionalnya bule-bule di sono, tapi yang ada di kulkas tinggal buah pear. Langsung buat Pear Pie aja, tapi resepnya tetep pakai resep Apple Pie yah.


Untuk resep kulit pienya modifikasi dari Sajian Sedap, sedangkan isiannya modifikasi dari resep Apple Pie-nya teh Ricke disini.
Berikut resep selengkapnya....

Pear-Date Pie (Pie Pear-Kurma)

Bahan Kulit: 
125 gr margarin
  25 gr keju cheddar, parut
  25 gr kelapa kering
  30 gr gula halus
150 gr tepung terigu serbaguna

Bahan Isi: 
   2 bh pear (sekitar 400 gr), potong kotak
  40 gr gula pasir
   1 sdt air jeruk nipis
1/2 sdt kayu manis bubuk
1/8 sdt garam (sejumput)
   1 sdm tepung maizena
   1 sdm margarin
   3 bh kurma, cincang

Bahan Olesan:
    1 btr kuning telur
Cara Membuat:
  1. Isi: campur buah pear, gula, air jeruk, kayu manis, dan garam. Aduk rata, lalu simpan di kulkas sekitar 30 menit hingga keluar airnya. Taburi tepung maizena, aduk rata. Lalu masak hingga mengental dan buah pear agak lunak. Matikan api, masukkan margarin. Aduk hingga meleleh. Masukkan kurma cincang, aduk. Sisihkan.
  2. Kulit: campur semua bahan, aduk dengan pisau pastry/garpu hingga bergumpal-gumpal (jangan diuleni). Bagi adonan jadi 2 bagian, bulatkan dan bungkus dengan plastik (cling wrap), simpan dalam kulkas sekitar 30 menit.
  3. Keluarkan kulit dari kulkas, gilas hingga tipis. Taruh 1 bagian kulit di cetakan pie yang sudah diolesi margarin, rapikan tepiannya.
  4. Beri bahan isian, tutup dengan 1 bagian kulit lagi, rapikan. Olesi permukaan pie dengan kuning telur. Kerat di beberapa bagian permukaan.
  5. Panggang sekitar 40-50 menit dengan suhu 180'C hingga permukaan kecokelatan.
  6. Angkat dan biarkan agak dingin, baru dipotong dan disajikan.

Kulit pie renyah dengan sensasi kelapa dan gurihnya keju, pas dengan isian yang manis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for your coming.....