Minggu, 02 Maret 2014

Mini Crunchy Pie

Ada resep kulit pie yang unik dari Gordon Ramsay, syukurlah ada versi bahasa Indonesia di blognya mbak Mila disini. Katanya hasilnya renyah mirip kulit pastry. Ah, daripada penasaran langsung dipraktekkan aja ya....



Rough Puff Pastry by Gordon Ramsay
Source: bbcgoodfood.com

Bahan:
250 gr tepung protein tinggi
 1 sdt garam
250 gr mentega, di suhu ruangan namun tidak lembek
150 ml air dingin/air es

Cara membuat:
  1. Ayak tepung dan garam ke dalam mangkuk lebar. Robek-robek atau iris mentega hingga potongannya kecil-kecil, masukkan ke dalam campuran tepung dan garam dan remas sekedarnya. Kita masih bisa lihat bentuk mentega di dalam adonan.
  2. Buatlah lubang di tengah-tengah adonan dan tuangkan 2/3 air dingin, aduk hingga membentuk adonan padat tambahkan lagi air dingin jika perlu. Bungkus dengan plastik bening dan biarkan istirahat di kulkas selama 20 menit.
  3. Keluarkan dan letakkan di atas papan kerja yang sudah ditaburkan sedikit tepung, uleni seringan-ringannya dan bentuklah adonan menjadi empat persegi panjang. Gilas adonan hanya ke satu arah hingga 3 kali lebar asal, sekitar 20x50 cm. Jaga sisi-sisi pastry tetap lurus dan rata. Jangan terlalu lama menguleni mentega yang terlihat nyata di dalam adonan, karena adonan yang seharusnya baik (untuk rough puff pastry) adalah adonan anda memiliki efek marble dengan menteganya.
  4. Lipat pertiga atas adonan ke tengah-tengahnya, lalu lipat sepertiga adonan bawah ke atas dan di atas lipatan tadi. Putar adonan ke kiri atau ke kanan dan gilas lagi hingga 3 kali lipat panjangnya. Lipat seperti sebelumnya, bungkus dengan plastik bening dan biarkan dingin kurleb 20 menit sebelum digilas untuk dipakai. Bila ingin lapisannya lebih banyak, ulangi langkah no. 3 dan 4 sebanyak 2-3 kali lagi.
Untuk isiannya pakai resep sendiri dengan bahan seadanya di rumah, berikut resep selengkapnya...

Rougut Wortel-Tomat

Bahan:
2 bh wortel lokal, parut kasar
50 gr fillet dada ayam, rebus, potong-potong
3 bh tomat, rebus, kupas, hancurkan
2 siung bawang putih, iris tipis
4 siung bawang merah, iris tipis
1 bh daun bawang, iris tipis
5 sdm saus tomat
1 sdt garam
1 sdt gula
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt oregano
50 ml air

Cara Membuat
  1. Tumis bawang putih, bawang merah dan daun bawang hingga harum. Masukkan fillet ayam, aduk sebentar, tambahkan wortel, tomat dan saus tomat, aduk rata. 
  2. Masukkan bumbu (gula, garam, merica, oregano), aduk rata. Tambahkan air, aduk hingga mengental. Cicipi, tambahkan bumbu bila dirasa kurang pas.
  3. Matikan api, dinginkan. Siap digunakan.
Bahan Olesan: 
1 btr kuning telur

Bahan Taburan:
Keju cheddar parut, secukupnya

Penyelesaian:
  1. Tipiskan adonan kulit pie, cetak bentuk lingkaran kecil-kecil dengan diameter 6cm.
  2. Ambil 1 kulit pie, beri isian, lalu tutup dengan 1 kulit pie lagi. Tekan-tekan bagian pinggir pie dengan garpu agar menempel sempurna. Lakukan hingga semua adonan habis.
  3. Tata pie di loyang yang diolesi margarin tipis-tipis, beri jarak.
  4. Beri olesan kuning telur di permukaan pie.Beri taburan keju.
  5. Panggang sekitar 20-25 menit dengan suhu 180-190'C hingga kecokelatan.

Hasilnya benar-benar crunchy alias renyah, mirip kulit pastry dan rasanya gurih. Alhamdulillah, dengan resep sederhana ternyata jadinya enak. Karena ukurannya yang mini, makan 3 buah kok masih kurang hehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for your coming.....