Minggu, 30 Maret 2014

Puff Cheese Stick

Hari ini waktunya bersih-bersih sekaligus cek-ricek bahan kue, adakah yang berjamur atau sudah expired atau penyimpanan yang kurang tepat. Baru ingat kalau pernah beli korsvet tapi belum tersentuh sama sekali hehe. Langsung cari resep punya mbak Hesti yang sudah lama diincer dan meluncur ke dapur deh...


Choco Puff Cheese Stick

Bahan:
500 gr tepung terigu --> 250 gr
1/2 sdt garam --> gak pakai
2 sdm gula pasir halus --> 1 sdm
50 gr keju cheddar parut --> 25 gr
80 gr mentega --> 40 gr hollman butter
250 ml air es (kurang lebih) --> 125 ml
250 gr korsvet (pipihkan, bentuk persegi panjang) --> 125 gr
3 kuning telur buat olesan --> 1 btr kuning telur+ 1 sdt susu evaporasi
100 gr keju cheddar, parut halus untuk taburan --> secukupnya

Cara Membuat:
  1. Campur terigu, garam, gula, keju cheddar dan mentega, uleni sambil ditambah air es sedikit demi sedikit. Jika sudah kalis, giling memanjang. Taruh korsvet di tengah-tengah adonan (2/3 bagian). Lalu lipat bagian adonan yang tidak kena korsvet ke tengah. Bungkus plastik wrap, simpan di kulkas sekitar 20 menit.
  2. Keluarkan adonan dari kulkas, gilas adonan memanjang, lipat bagian atas dan bawah ke bagian tengah. Bungkus dan simpan di kulkas lagi. Lakukan 2-3 kali.
  3. Gilas adonan kurang lebih 1/2 cm, lalu potong-potong ukuran 1x15cm. Olesi permukaan dengan kuning telur dan taburi keju parut, lalu puntir kedua ujungnya. Tata di loyang yang sudah dioles margarin.
  4. Panggang dengan suhu 190-200'C hingga matang (berwarna kecokelatan) sekitar 20-25 menit.
Aku hanya pakai setengah resep saja, hasil jadinya lumayan buat 3 orang (aku sama anak-anak hehe).


Sewaktu dipanggang, adonan kelihatan berlapis-lapis ahay seneng deh. Baru matang langsung pingin icip-icip, membuktikan apakah hasilnya renyah atau tidak. Tapi, sabar sebentar biar gak kepanasan nih. Alhamdulillah, renyah dan hasilnya tidak "ngendal" di langit-langit mulut, seperti biasanya kalau makan pastry isi vla/cum-cum/kacang/pisang.


Adonannya sebagian aku buat bentuk hati, caranya setelah digilas memanjang, ditaburi keju parut, lalu bagian atas dan bawah dilipat beberapa lipatan sampai bertemu di bagian tengah dan dirapatkan. Tinggal dipotong-potong dengan ketebalan sekitar 1/2 cm, taruh di loyang, olesi kuning telur, taburi gula pasir dan panggang deh.


Wanna try?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for your coming.....