Sabtu, 30 November 2013

Roti Wortel (Carrot Bread)

Setelah posting roti ubi ungu beberapa waktu yang lalu, makin penasaran dengan aneka roti yang ditambah umbi-umbian, karena rotinya tetap empuk sampai hari ketiga (sengaja menyimpan 1 buah untuk menguji keempukan si roti ubi, cukup sampai hari ketiga ya, gak boleh lebih kecuali disimpan dalam kulkas/freezer). Kali ini iseng mencoba memasukkan wortel di dalam adonannya, dengan modifikasi resep roti ubi ungu kemarin.

Yuk, langsung saja ini dia resepnya....

Carrot Bread

Bahan roti:
200 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein sedang
6 gr ragi instan
65 gr gula pasir (sisihkan 1/2 sdm untuk dicampur ragi)
10 gr kopi instan (atau susu bubuk full cream)
 2  btr kuning telur
100 gram wortel kukus
100 ml susu cair hangat/air hangat
35 gram mentega/margarine

Bahan isi:
- Cokelat: (masak dg api kecil hingga cokelat larut dan rata)
   1 sdm susu cair, 1 sdm kopi instan, 100gr cokelat masak (DCC)
    note: bisa ditambahkan gula pasir jika kurang manis
- Vla bluebery: (campur semua bahan, masak hingga kental dan meletup-letup)
   100 gr susu cair, 1 sdm selai bluebery, 1 sdm gula, 2 sdm maizena yg dilarutkan dg sedikit air
Bahan olesan: susu cair

Bahan topping:
 25 gr mentega dingin
 50 gr gula halus
100 gr terigu protein sedang
 60 gr air matang
   1 sdt pasta cokelat/vanila/moca

Cara Membuat:
  1. Topping: Kocok mentega hingga lembut, masukkan gula halus dan terigu, kocok lagi. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil dikocok hingga rata, terakhir tambahkan pasta, aduk rata. Masukkan ke dalam plastik segitiga (piping bag), simpan dalam kulkas hingga saat digunakan.
  2. Blender wortel kukus dengan 25 ml susu cair, sisihkan. 
  3. Ambil 50 ml susu cair hangat, campurkan dengan ragi dan 1/2 sdm gula pasir, aduk dan biarkan sekitar 10 menit hingga berbusa. 
  4. Campurkan terigu, sisa gula, aduk rata. Masukkan campuran wortel, campuran ragi dan kuning telur uleni hingga adonan mulai menyatu. Uleni lagi hingga setengah kalis. Tambahkan margarin, uleni hingga kalis, elastis. Tambahkan sisa susu cair jika dirasa adonan terlalu kering (tambah tepung jika adonan terlalu lengket). Bulatkan adonan, taruh dalam wadah yg diolesi margarin, istirahatkan sampai mengembang 2x (sekitar 30-60 menit). Kempiskan adonan, bagi menjadi 16 bagian sama rata, bulatkan. Istirahatkan 10 menit. Lalu pipihkan, beri isian, bulatkan kembali, tata di loyang 22x22x4 cm yg sudah diolesi margarin (bagian bawah hingga sisi-sisi loyang). Istirahakan kembali selama 30-45 menit. Panaskan oven 190'C. Beri bahan olesan dan topping, lalu panggang kurang lebih 20-25 menit hingga matang. Keluarkan dari oven, beri polesan mentega agar permukaan mengkilap dan aromanya harum. Keluarkan dari loyang, dinginkan. Boleh langsung disantap selagi hangat hehe...

Rotinya empuk banget, seneng deh... Anak-anak juga suka. Kesimpulannya, roti yang menggunakan tambahan ubi ungu, kentang, labu kuning maupun wortel jadinya lebih empuk (menurutku loh hehe). Untuk penjelasan ilmiahnya kurang paham juga, katanya kentang/ubi/labu maupun wortel bisa menyimpan air dalam adonan roti, sehingga menghasilkan roti yang empuknya tahan lama (dengan penyimpanan yang benar).

Look the yummy inside.....
 

Dengan isian blueberry....
Yang paling menyenangkan dari membuat roti adalah saat anak-anak bersemangat melahapnya :). It's priceless....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for your coming.....