Jumat, 01 November 2013

Cheese Cake With Homemade Strawberry Jam

Ini kali ketiga bikin cheese cake, pertama kali bikin kurang pas di aroma dan rasa kejunya. Trus, pas coba bikin lagi eh, kesalahan pada perasan air jeruk nipis yg digunakan jadilah cheese cake getir hihi. Dan akhirnya, puas banget dengan cheese cake yg sekarang ini. Rasa yg enak, gak terlalu tajam kejunya, aromanya pas ditambah selai stroberi buatan sendiri hmmm yummy deh :)


Untuk resep selai stroberinya, aku ngikutin resepnya teh Ricke disini. Kalo untuk resep cheese cake-nya aku ambil dari punya mbak Hesti sini. Berikut resep dengan sedikit modif dari aku ya...

Resep Homemade Strawberry Jam

Bahan:
100 gr stroberi segar (tanpa bagian daunnya)
  60 gr gula pasir (bisa ditambah/dikurangi sesuai selera)
    1 sdt air perasan jeruk nipis (sebaiknya gunakan jeruk lemon)

Cara Membuat:
  1. Cincang kasar buah stroberi, kalo mau selai yg halus bisa diblender atau cincang halus stroberinya.
  2. Siapkan wadah selai (botol kaca), lalu rebus sebentar dalam air mendidih. Matikan api, biarkan botol selai di dalam air.
  3. Masak stroberi dalam wadah anti lengket/sauce pan, hingga stroberi agak lembek dan berair.
  4. Masukkan gula pasir, aduk. Tambahkan air jeruk, aduk rata hingga mengental. Bila ingin tekstur lebih halus, tekan-tekan potongan buah. Masak sampai mendidih beberapa saat. Matikan api.
  5. Keluarkan botol selai dari air panas, keringkan dg tissue atau lap bersih. Segera tuang selai panas-panas ke dalam botol selai. Tutup rapat, simpan dalam kulkas agar lebih awet.

Selainya dari 100 gr stroberi jadi sekitar 100-125ml atau 1/3 botol selai. Rasanya asem-manis, seger deh :).

Pandan Marble Cheese Cake

Bahan A:
125 gr cream cheese
  20 gr gula kastor (gula pasir diblender sebentar)
  20 gr margarin
  10 gr mentega)
    3 btr kuning telur
    2 sdm sour cream
    1 sdt pasta vanila

Bahan B:
  40 gr tepung maizena
  20 gr tepung terigu protein sedang/serbaguna
  20 gr susu bubuk

Bahan C:
   3 btr putih telur
 40 gr gula pasir

Bahan D:
   1 sdt pasta pandan

Topping: Homemade selai stroberi (resep diatas)

Cara Membuat:
  1. Siapkan loyang kotak ukuran 22x24x4 cm, isi air kira-kira setinggi 0.5 cm, masukkan ke dalam oven dan panaskan 170dCel.
  2. Siapkan loyang brownies ukuran 20x10 cm, olesi margarin beri kertas roti di alas dan tepian loyang. Lebihkan tepian kertas rotinya dari loyang agar mudah mengangkat cake setelah matang. Olesi margarin tipis-tipis di bagian dasar loyang. Sisihkan.
  3. Bahan A: kocok cream cheese, margarin, mentega dan gula kastor hingga lembut. Masukkan kuning telur, kocok rata. Tambahkan sour cream dan pasta, kocok rata.
  4. Bahan B: Ayak semua bahan, masukkan ke dalam adonan A dan aduk rata (bisa jg dimikser kecepatan rendah sebentar). Sisihkan.
  5. Bahan C: Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula pasir sedikit demi sedikit lalu kocok hingga soft peak (jambul petruk).
  6. Campur 1/3 bagian putih telur ke adonan B, campur hingga rata. Tuang sisa putih telur, aduk balik hingga homogen.
  7. Ambil 4 sdm adonan, campur dengan pasta pandan. Aduk rata.
  8. Tuang adonan putih ke loyang, lalu tuang adonan pandan. Acak dengan tusuk gigi/garpu.
  9. Masukkan loyang adonan ke dalam loyang berisi air (cara au bain marie). Untuk menghindari kebocoran, loyang adonan bisa dibungkus dg aluminium foil atau dg memasukkan ke loyang lain sebelum ditaruh di loyang berisi air (double loyang).
  10. Panggang sekitar 40-45 menit, hingga permukaan kecokelatan. Angkat, dinginkan sebentar. Lalu keluarkan cake dari loyang dg cara mengangkat kertas rotinya. Dinginkan cake di rak hingga uap panasnya hilang. Beri topping dan masukkan dalam kulkas.
  11. Sajikan dingin.

Enak disajikan sore hari, ditemani segelas teh hangat. Berhubung fotonya masi siang, jadi tehnya belum dibikin hihi...


ssttt....masi bingung ngasi judul yg bener cheesecake pandan marble atau pandan marble cheesecake?hihi maaf, bukan sok pake bahasa inggris, cuma bingung bahasa Indonesia yg benernya gimana. Jadi, kalo ada yg bisa membantu mengoreksi bahasanya, terima kasih banget loh :).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for your coming.....