Sabtu, 26 Oktober 2013

Martabak Bolu

Bikin martabak sendiri, akhirnyaaaaa hehe. Setelah coba beberapa resep, ada yg berhasil, ada yg gagal, ada yg mirip apem, ada yg jadinya keras hihi seru lah pokoknya. Finally, cocok lah dengan resep Martabak Bolu punya teh Ricke "Ordinary Kitchen".

Martabak Bolu Pandan

Bahan A:
100 gram terigu protein sedang
25 gram gula pasir halus
1/2 sdt ragi instant
150 ml santan hangat

Bahan B:
 1 butir telur
1 buah kuning telur
25 ml air perasan daun pandan
1/2 sdt pasta pandan
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue
1 sdt gula pasir (untuk taburan)

Cara membuat:
  1. Campur terigu dan gula pasir halus. Tuangi santan hangat. Aduk rata dengan whisker hingga halus dan lembut. Masukkan ragi instant. Aduk rata. Diamkan kurang lebih 30 menit hingga 1 jam (tergantung kondisi tempat masing-masing).
  2. Kocok lepas telur. Masukkan ke dalam adonan. Aduk rata. Masukkan air perasan daun pandan dan pasta pandan. Aduk rata. Masukkan baking powder. Aduk rata. Diamkan 15 menit.
  3. Panaskan loyang martabak hingga cukup panas (jangan terlalu panas ya...). Masukkan soda kue ke dalam adonan, aduk rata. Segera tuang ke dalam loyang martabak yang telah panas. Kecilkan api. Tunggu sampai muncul gelembung-gelembung dan lubang-lubang yang cukup banyak. Tutup loyang (saya menggunakan tutup panci) sampai permukaan agak kering. Taburi gula pasir, tutup lagi sebentar sampai gula agak mencair. Angkat.
  4. Belah 2 martabak. Oles 1/2 bagian dengan margarin. Taburi keju parut/cokelat. Tumpuk dengan 1/2 bagian lagi. Dusting permukaan martabak dengan gula halus. Potong-potong. Sajikan hangat.

Hasilnya yg pertama tebel banget hihi, padahal udah pakai pan anti lengket ukuran 22 cm. Soal rasa, alhamdulillah enak dan empuk. Pakai isian keju dan meses aja.

Punya stok pisang matang, langsung nyoba bikin martabak bolu lagi. Kali ini kulitnya agak gosong, karena wajannya ada bekas minyak sedikit. Baru tau kalo ternyata setetes minyak bisa 'merusak' penampilan kulit martabak hihi.



Bikin variasi martabak bolu, mengganti sebagian tepung terigu dengan mocaf dan cokelat bubuk, hasilnya tetep enaakkk :). Sengaja bikin tipis, biar cepet matangnya. Untuk 1 resep jadi 2 martabak tipis.




Ini versi rasa vanila susu, wanginya enak trus ditambah olesan butter dg taburan meses + keju.. Makin lengkap kelezatannya hehe...



Mau yg rasa pandan, cokelat atau vanila nih?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for your coming.....