Kamis, 24 April 2014

Flourless Chocolate Cake with Key Lime Curd


Masih meramaikan event Challenge#3 YKMK yang bekerjasama dengan Chefmate, dan tetap dengan key lime alias jeruk nipis hehe. Panen jeruk nipis satu kardus, jadinya dimanfaatkan untuk aneka makanan dan minuman deh.
Memodifikasi resep cake dari Vivian Pang disini dengan lime curd by Sarah di website allrecipes. Jadinya chocolate cake yang nyoklat banget dengan curd yang asem-manis-seger.

Here's the recipe...

Flourless Chocolate Cake

Bahan:
250 gr Chefmate Dark Chocolate Compound, cincang kasaar
100 gr margarin
  50 gr mentega asin/salted butter
  50 gr almond bubuk
  6 btr kuning telur (jika telur berukuran besar, pakai 5 btr kuning dan putihnya)
 1/2 sdt pasta mocca

  6 btr putih telur
1/4 sdt garam
1/2 sdt air jeruk nipis
 60 gr gula pasir

Cara Membuat:
  1. Lelehkan Chefmate cokelat bersama margarin dan mentega dengan cara ditim/double boiler, aduk hingga homogen, angkat. Masukkan almond bubuk, aduk rata. Tambahkan kuning telur satu persatu, sambil diaduk perlahan. Masukkan pasta, aduk lagi hingga halus dan rata. Sisihkan.
  2. Campur putih telur, garam dan air jeruk nipis lalu kocok hingga berbusa. Masukkan gula sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga kaku tapi masih mengkilap/tidak kering (jika mikser diangkat, adonan seperti jambul).
  3. Tuang sepertiga bagian putih telur ke adonan cokelat, aduk perlahan dengan whisker hingga rata. Masukkan lagi sepertiga bagian, aduk lagi. Masukkan sisa adonan putih telurnya, aduk lagi hingga rata dan halus (tidak bergumpal-gumpal).
  4. Panaskan oven 150'C. Tuang adonan ke dalam loyang kotak ukuran 20x20x7 cm yang diolesi margarin dan dialas kertas roti hingga sisi-sisi loyang.
  5. Panggang sekitar 60-70 menit hingga matang. Adonan setelah matang memang agak turun dan basah.
  6. Diamkan beberapa saat, baru keluarkan kue dari loyang. Dinginkan.
  7. Siap disajikan dengan curd.

Key Lime Curd

Bahan:
100 gr gula pasir
  50 ml air jeruk nipis
  30 gr mentega
  1 btr telur, kocok lepas

Cara Membuat:
  1. Campur gula, air jeruk dan mentega dalam wadah stainless/kaca, lalu taruh diatas panci berisi air mendidih (ditim). Aduk-aduk dan masak dengan api sedang.
  2. Saat adonan agak kental, ambil sedikit lalu campurkan dengan telur dan kocok rata. Tuangkan campuran telur ke dalam adonan gula. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk agar telur tidak berserabut dan matang sebelum rata.
  3. Masak sekitar 20 menit sambil diaduk-aduk.
  4. Angkat, dinginkan. Siap digunakan.

Sajikan sepotong cake bersama key lime curd dan potongan jeruk, rasanya legit-asem-manis-seger dengan sensasi krenyes-krenyes dari bubuk almondnya.
Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for your coming.....