Sabtu, 25 Januari 2014

Bubur Manado

Sudah lama sebenarnya pingin membuat bubur manado lagi, setelah dulu pernah membuat sendiri dan hasilnya tidak memuaskan. Rasanya beda jauh dengan yang pernah kumakan sewaktu "terdampar" di Sulawesi Utara beberapa tahun lalu hehe. Memang harus membulatkan tekad dan segera dilaksanakan sebelum kejebak "malas" lagi nih (lebay hehe).


Pas kebetulan ada Challenge #14 dari IDFB tentang Olahan Beras bekerjasama dengan Puregreen Organic Rice, makin semangat deh belanja bahan dan meluncur ke dapur.

Berikut sekilas info tentang Bubur Manado yang didapat dari Wikipedia: Bubur Tinutuan atau Bubur Manado adalah makanan khas Indonesia dari Manado, Sulawesi Utara. Ada juga yang mengatakan tinutuan adalah makanan khas Minahasa, Sulawesi Utara. Tinutuan merupakan campuran berbagai macam sayuran, tidak mengandung daging, sehingga makanan ini bisa menjadi makanan pergaulan antarkelompok masyarakat di Manado. Tinutuan biasanya disajikan untuk sarapan pagi beserta berbagai pelengkap hidangannya. 


Resep bubur manado-nya campuran dari mana-mana, tapi yang kutulis disini disesuaikan dengan isi belanjaan dan dapur hehe. Yuk mariiiii...

BUBUR MANADO
ala aku 

Bahan:
100 gr  beras PUREGREEN Organic Rice
100 gr  jagung manis kaleng
1 ltr      air
1 ikat   kangkung
1 ikat   bayam
1 ikat   kemangi
3 bh     sereh
3 lbr     daun jeruk
1 sdt    garam
 
Cara membuatnya:
  1. Siangi kangkung, bayam, dan kemangi, cuci bersih, sisihkan.
  2. Cuci beras, rebus bersama 1 ltr air, sereh dan daun jeruk. Biarkan mendidih lalu masukkan  jagung manis. Masak terus hingga menjadi bubur encer. Masukkan garam. Aduk rata.
  3. Masukkan sayuran dimulai dari kangkung, masak hingga matang, masukkan bayam dan kemangi. Aduk rata. Matikan kompor. Tutup panci selama 10 menit.
  4. Sajikan Bubur Manado bersama sambal dan ikan asin goreng.
 

Meski lebih mantap disantap dengan sambal roa, hasil bubur manado kali ini lebih memuaskan dibanding sebelumnya. Setidaknya bisa mengobati kerinduan akan aneka kuliner khas Manado dan sekitarnya. I hope someday will be there, again :).


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for your coming.....