Selasa, 03 Juni 2014

Pao Isi Cokelat

Lihat postingan mbak Diana tentang character pao, jadi tertarik deh. Apalagi dijelaskan detail pembuatannya plus ada video streaming pas di liput sama beberapa stasiun tv, top banget sih. Dengan bahan sederhana bisa bikin pao yang lucu-lucu. Lebih jelasnya bisa diintip blognya disini.
Biarpun tanpa tepung hongkong dan tang mien, tetep bisa katanya mbak Diana, hanya hasilnya tidak seputih yang pakai kedua tepung itu. Langsung deh uprek di dapur bikin isian dulu, trus lanjut bikin kulit paonya. Aku buat seperempat resep saja, hasilnya sekitar 9 buah pao mini.


Isian Pao

Bahan: (campur jadi satu, masak hingga jadi adonan halus dan rata, sisihkan)
100 gr dark compound chocolate
 2 sdm air matang
 5 gr susu bubuk
 5 gr cokelat bubuk
10 gr gula pasir


Kulit Pao
by Diana
modified by Firlia

Bahan:
260 gr tepung terigu protein rendah
 50 gr gula halus
1/2 sdt ragi instan
120-150 ml air/susu cair hangat
25 gr mentega putih
1/4 sdt garam

Cara Membuat:
  1. Campur terigu, gula halus dan ragi. Uleni/mikser sambil ditambah air sedikit demi sedikit sampai adonan cukup lembab. Uleni hingga setengah kalis, lalu masukkan mentega dan garam, uleni lagi hingga kalis elastis.
  2. Bulatkan adonan, tutup dengan kain lembab/plastik wrap, istirahatkan sekitar 30 menit hingga mengembang.
  3. Kempiskan adonan, bagi menjadi beberapa bagian, bulatkan. Tambahkan pasta/pewarna jika dibuat fancy pao/character pao.
  4. Pipihkan, beri isian cokelat, bulatkan hingga rapat. Taruh dialas kertas roti/cup kertas. Panaskan kukusan.
  5. Kukus selama 10 menit, matikan api, biarkan tetap di kukusan sekitar 1 menit. Buka tutup kukusan sedikit, biarkan uap panas berkurang. Buka kukusan, angkat pao.
  6. Siap disajikan.


Deg-degan waktu buka tutup kukusannya hehe, takut mleyot atau apalah. Alhamdulillah paonya jadi, lumayanlah untuk pemula. Isian cokelatnya meleleh hmmm yummy. Enak loh...


Sebagian pao yang sudah matang dan didinginkan, kusimpan dalam plastik rapat dan ditaruh di freezer. Penasaran, katanya bisa di freezer dan dikukus lagi jika mau dimakan, hasilnya tetap empuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for your coming.....