Senin, 13 April 2015

Onde-Onde

Salah satu jajanan tradisional di Indonesia dan di beberapa negara Asia Tenggara yang ternyata menurut sejarahnya di bawa oleh pendatang dari China (sumber: Wikipedia Indonesia). Ada beberapa  resep Onde-onde yang sudah pernah kucoba, seperti di postingan sebelumnya disini dan disini. Tapi, kali ini pakai resep yang berbeda lihat di blognya mbak Hesti. Membuat onde-onde dan beberapa jajanan tradisional itu memang rada "tricky", mulai takaran yang kadang tidak terukur pasti sampai main feeling bagaimana hasil yang pas. Beda dengan membuat cake yang ukurannya harus tepat seperti di resepnya hehe. Tapi, itulah kesenangan membuat sendiri jajanan tradisional. Yuk, kita lestarikan jajanan tradisional kita :)
 
 
Onde-Onde
 
Bahan Kulit:
250 gr tepung ketan
 50 gr kentang kukus, haluskan saat panas-panas
 65 gr gula pasir (aku: 50 gr)
1/2 sdt garam
175 ml air hangat (kurang lebih)
 
Air secukupnya untuk melekatkan wijen
Wijen secukupnya
Minyak untuk menggoreng

Bahan Isi:
 75 gr kacang hijau kupas, rendam 1 jam
100 ml santan dari 1/4 butir kelapa
 50 gr gula pasir
1/4 sdt garam
 1 lbr daun pandan

Cara Membuat:
  1. Isi: kukus kacang hijau 20 menit, blender bersama santan. Masak kacang hijau dan bahan lain hingga kalis, biarkan dingin. Bentuk bulatan-bulatan sekitar 10 gr masing-masing. Sisihkan.
  2. Kulit: campur tepung ketan, kentang, gula dan garam. Masukkan air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis dan licin.
  3. Timbang masing-masing adonan kulit 20 gr. Pipihkan, beri isian, bulatkan dengan rapat. Celupkan ke air, gulingkan ke wijen.
  4. Goreng dengan api kecil hingga matang.

#30DaysTraditionalIndonesiaSnack

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for your coming.....