Senin, 03 November 2014

Purple Sweet Potato Chicken Casserole

Wah, ada yang seru di Homework#2 Kitchen Blog kali ini, tugasnya adalah membuat Casseroles. Apa itu casserole?hehe baru tahu juga gara-gara tugas ini. Berikut penjelasan singkatnya:
Casserole, asal katanya dari Perancis yang berarti 'panci'. Casserole selalu disajikan di dalam wadah saji tahan panas yang akan dipanggang ke dalam oven. Wadah tersebut dinamakan casserole pan. Di Inggris, Australia, dan Selandia Baru, casserole adalah nama untuk hidangan bukan isi dari hidangan atau makanan tersebut. Di Minnesota, hidangan ini disebut “hot dish”. Dan di negara lainnya disebut “covered dish”. Untuk di Amerika Serikat dan Eropa, casserole biasanya dibuat dari daging, ayam, ikan, berbagai macam sayuran, tepung-tepungan, kentang, pasta, serta diberi topping. Tetapi casserole pun bisa dibuat menyehatkan dengan menggunakan gandum utuh, kacang-kacangan, tanaman herbal, jamur, buah zaitun, maupun sayuran segar. (sumber: wikipedia dan Kitchen Blog).
 
 

Karena belum pernah membuat si Casserole ini, mesti mencari dan melihat resep-resep yang ada di internet. Akhirnya "nyangkut" di blognya mbak Endang disini, jadilah hasil modifikasinya seperti resep berikut ini: 

Purple Sweet Potato Chicken Casserole

Bahan:
150 gr ubi ungu, kukus, haluskan
75 gr cream cheese

Bahan saus putih/bechamel sauce:
1 sdm margarin
1.5 sdm tepung terigu
300 ml susu cair
1/4 sdt garam
2 sdm keju cheddar parut
1 sdm cream cheese

Bahan saus daging ayam:
1 sdm minyak
150 gr daging ayam, potong kecil-kecil
1/2 buah bawang bombay, cincang kasar
2 siung bawang putih, cincang halus
2 buah wortel ukuran sedang, potong seperti batang korek api
1 buah tomat, potong kotak
1 batang bawang pre
2 sdm saus tomat
3/4 sdm gula
3/4 sdt garam
1/4 sdt oregano
1/4 sdt merica bubuk

Bahan taburan:
Keju cheddar parut, secukupnya

Cara Membuat:
  1. Campur ubi ungu dan cream cheese, aduk rata. Sisihkan.
  2. Saus putih: panaskan margarin hingga leleh, masukkan terigu, aduk-aduk. Tuang susu cair sedikit demi sedikit, sambil terus diaduk hingga jadi adonan agak kental. Masukkan garam, keju dan cream cheese, aduk hingga rata dan meletup-letup. Matikan api.
  3. Saus daging ayam: panaskan minyak goreng, masukkan daging ayam, tumis hingga berubah warna. Masukkan bawang bombay dan bawang putih, tumis sebentar. Tambahkan wortel, aduk sebentar. Lalu masukkan tomat, bawang pre, saus tomat dan bumbu-bumbu. Aduk rata dan masak hingga wortel agak layu. Angkat.
  4. Penyelesaian: siapkan wadah, ratakan campuran ubi ungu. Lalu siram dengan saus putih, tambahkan saus daging ayam, lalu tambahkan ubi ungu lagi. Siram dengan saus daging ayam, saus putih dan taburi keju parut. Panggang selama 20-30 menit suhu 180'C.
Note: Agar proses pembuatannya tidak terlalu lama, disiapkan terlebih dahulu semua bahan, jadi sewaktu mulai memasak tidak kebingungan mencari bahan apa yang kurang/tertinggal.

Tahapan pembuatan saus daging ayam

Tahapan menata casserole


Tak kusangka hasilnya enak hehe. Ubi ungu yang manis, berpadu dengan cream cheese dan saus daging ayam yang gurih, jadinya pas.

Makanan yang sarat gizi dan mengenyangkan, cocok buat sarapan pagi.


So yummy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for your coming.....