Minggu, 09 November 2014

Brownies SSC (Strawberry-Sawo Cheese)

NCC punya event lagi nih, namanya Brownies Week. Seru dong?ya iyalah, brownies gitu loh. Brownies panggang adalah favoritku, mudah dibuat, mudah divariasikan dengan apa saja. Tapi, bukan berarti tidak pernah gagal dalam membuatnya. Pernah buat sampai 4 loyang jadinya keras, bukan lagi bantat, tapi seperti batu. Juga pernah tidak matang meskipun dipanggang sampai 1 jam, adonan tetap encer sementara bagian atas dan pinggirnya sudah gosong hihi. Yah, namanya favorit tetep aja seneng bikin dan makannya, meski berkali-kali gagal.
Nah, untuk ikutan event Brownies Week-nya NCC ini lumayan grogi loh. Soalnya tidak hanya share resep aja, tapi juga ada persyaratan dari sisi fotografinya. Yuk, mengumpulkan semangat baking dan fotografi biar tidak kalah semangat sama peserta lain dan 4 host manis-legit yang cihuiii.
Setoran perdana idenya dari marble cheese brownies, yang resepnya banyak di share rekan NCC. Resep aslinya bisa dilihat di blog teh Ricke disini. Tapi, aku buat dengan buah stroberi dan sawo. Kenapa stroberi dan sawo?karena buah itu bukan favorit anak-anak kalau dimakan gitu aja, sementara di kulkas pas ada stok. Penasaran juga sih, gimana rasanya kolaborasi si cokelat-stroberi-sawo-keju. Yuk, langsung dicoba bikin aja...


Brownies SSC

Bahan Brownies:
60 gr butter+margarin
125 gr DCC
60 gr tepung terigu
15 gr cokelat bubuk
1/4 baking powder
110 gr gula pasir
2 btr telur

Marble Cheese:
100 gr keju cheddar, parut halus
50 ml susu cair
40 gr gula pasir
1 btr telur
2 sdm terigu
4 buah stroberi,potong-potong
1 buah sawo, potong-potong

Cara Membuat:
  1. Siapkan loyang 22x10x4 cm, olesi margarin, alasi kertas roti, lebihkan hingga bagian sisi loyang. Olesi margarin lagi, sisihkan.
  2. Brownies: lelehkan DCC dan butter dengan cara ditim, aduk hingga licin. Biarkan hingga hangat. Kocok gula dan telur hingga gula larut, tidak sampai mengembang dan kental. Masukkan telur ke dalam adonan cokelat leleh, aduk dengan whisker perlahan hingga rata. Tambahkan terigu, baking powder dan cokelat bubuk, aduk perlahan hingga rata. Tuang ke dalam loyang, sisihkan.
  3. Marble: masak keju parut dan susu cair sambil diaduk hingga keju larut, matikan api. Biarkan agak hangat, lalu tambahkan gula pasir, aduk hingga rata. Masukkan telur, kocok rata. Tambahkan terigu, aduk hingga rata. Bagi 2 adonan, 1 adonan ditambahkan stroberi, yang lain ditambahkan sawo. Tuang adonan stroberi dan sawo diatas adonan brownies secara acak. Bentuk pola marble.
  4. Panaskan oven 180'C. Panggang brownies selama 40-50 menit hingga matang.
  5. Angkat, biarkan agak dingin. Baru keluarkan dari loyang. Dinginkan.
  6. Siap disajikan. (note: Brownies lebih legit setelah diinapkan semalam)


Potongannya jadi tidak rapi, karena belum benar-benar dingin udah dipotong hehe penasaran sama rasanya sih...

 

Rasanya unik, manis, asem, asin, legit berasa nano-nano hehe. Tapi tetep enak loh, jadinya gak nyadar udah nyomot beberapa potong #eh. Anak-anak juga langsung berebutan huhu padahal baru mau difoto, jadilah ngumpetin beberapa potong buat foto-foto haha.


Dan, akhirnya dapat badge "Brownies Week" yang ngejreng bin keren ini...


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for your coming.....