Senin, 11 Mei 2015

Kue Sus Vla Pisang-Kacang Hijau


Seru-seruan lagi di event-nya YKMK Challenge#10, temanya "Variasi Kue Sus". Ajang seperti ini paling semangat buat cobain resep-resep baru dan unik hehe. Salah satunya kue sus yang dibuat mbak R disini, unik aja vlanya pakai kacang hijau dan pisang. Daripada penasaran, yuk mari dicoba saja...

Kulit Sus
by Fatmah Bahalwan

Bahan:
225 ml air
100 gr margarin
 1 sdm gula pasir
125 gr terigu protein tinggi
200 gr telur (sekitar 4 btr)

Pasta/pewarna (optional)

Cara Membuat:

  1. Masak air, margarin dan gula hingga margarin larut dan mendidih. Kecilkan api, masukkan terigu sekaligus, aduk cepat dengan centong kayu hingga kalis. Matikan api. Biarkan hingga dingin.
  2. Masukkan telur satu persatu, aduk/mikser dengan kecepatan rendah hingga rata. Bagi adonan bila ingin ditambah pasta/pewarna. Masukkan ke dalam plastik segitiga.
  3. Siapkan loyang, olesi margarin. Panaskan oven 190'C.
  4. Spuitkan adonan ke loyang, beri jarak antar adonan. Panggang sekitar 30 menit hingga matang (tandanya buih-buih pada kulitnya berkurang/hampr hilang).
  5. Angkat, dinginkan. Beri lubang/belah kulit sus sebelum diisi.


Vla/Filling
by Kedai Rachmah
modified by Firlia

Bahan:
500 ml susu cair
75 gr gula pasir
1 btr kuning telur
20 gr tepung custard
20 gr tepung maizena
1/4 sdt vanili

30 gr kacang hijau kupas, rendam, kukus, haluskan
2 bh pisang raja, potong dadu
25 gr tape singkong, haluskan

Cara Membuat:

  1. Tuang 400 ml susu ke dalam panci, masak bersama gula dengan api kecil hingga muncul gelembung kecil di pinggir panci. Campur sisa susu dengan tepung maizena, custard, vanili dan kuning telur, aduk hingga rata dan halus. 
  2. Masukkan campuran kuning telur ke dalam panci yang berisi susu dan gula. Masak sambil diaduk hingga mengental dan meletup-letup. Matikan api.
  3. Tambahkan kacang hijau, tape singkong dan pisang, aduk rata. Tutupi dengan plastik wrap hingga permukaan vla, agar tidak berkulit. Dinginkan dalam kulkas. Siap digunakan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for your coming.....