Sabtu, 14 Maret 2015

Pandan Mamon Cake


PR LBT#38 kali ini adalah Mamon Cake. Baru dengar yg namanya mamon cake, kue apaaa lagi hehe. Ternyata mamon cake ini kue sponge khas Filipina yang dicetak di cetakan muffin/cupcake. Pembuatannya ada beberapa metode, ada yg mirip pembuatan chiffon cake, ada yg mirip cotton cake. Kedua metode tersebut sama-sama menghasilkan cake yg lembut.


Mamon Cake
by allrecipes
modified by Firlia

Bahan A:
1 1/4 cup tepung terigu
1 sdt baking powder double acting (BPDA)

Bahan B:
1/4 cup minyak
4 butir kuning telur
1/3 cup santan encer
1/2 sdt pasta pandan

Bahan C:
4 butir putih telur
1/3 cup gula pasir
1/4 sdt garam
1 sdt air jeruk nipis

Taburan:
Kelapa kering

Cara Membuat:
  1. Campur dan ayak bahan A. Campur bahan B, kocok dengan balon whisk hingga rata. Masukkan ke bahan A, aduk rata hingga licin. Sisihkan.
  2. Siapkan cetakan muffin, alasi paper cup. Panaskan oven 165'C.
  3. Kocok putih telur, garam dan air jeruk nipis. Tambahkan gula secara bertahap. Kocok hingga putih, mengkilap dan kaku (soft peak).
  4. Tuang sepertiga adonan putih telur, campur dengan adonan A+B, aduk perlahan hingga rata. Tuangi putih telur lagi, sambil diaduk balik secara perlahan hingga rata.
  5. Tuang ke dalam cetakan sampai 2/3 tinggi cetakan. Panggang sekitar 35 menit. Keluarkan dari oven, olesi mentega di bagian atas, taburi kelapa kering. Panggang lagi 5 menit. Matikan oven, diamkan di dalam oven 10 menit. Baru keluarkan kue dari oven dan biarkan hingga dingin.

Wangi pandan dan kelapa memang juara, enak deh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for your coming.....