Minggu, 07 Desember 2014

Roti Tawar Wortel Kelapa

Favorit anak-anak di rumah selain brownies adalah roti tawar. Biasanya anak-anak suka roti manis yang bentuknya lucu, tapi anakku malah suka roti tawar hehe. Selain sederhana, bisa ditambahkan aneka bahan sesuai selera.



ROTI TAWAR WORTEL-KELAPA

Bahan water roux:
20 gr cakra
100 ml susu cair

Bahan roti:
200 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr tepung terigu protein sedang
95 gr wortel parut parut
 6 gr ragi instant
10 gr susu bubuk
40 gr gula
water roux
50 ml susu cair hangat
35 gr margarin

Bahan Olesan:
Selai kaya pandan

Bahan Taburan:
kelapa parut kering

Cara Membuat:
  1. Water roux: campur kedua bahan, aduk hingga rata. Masak hingga putih kental, tidak sampai mendidih. Biarkan hingga dingin.
  2. Roti: campur terigu,  gula, susu bubuk dan ragi. Tambahkan wortel, adonan water roux, lalu uleni. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga dirasa adonan cukup lembab (tidak kering). Tambahkan margarin, uleni hingga kalis elastis.
  3. Istirahatkan hingga mengembang 2x, sekitar 40-60 menit. Tutupi dengan serbet bersih/plastik wrap.
  4. Siapkan loyang roti tawar 20x10x10cm, olesi margarin hingga semua sisinya.
  5. Kempiskan adonan roti, pipihkan memanjang. Beri olesan selai kaya dan taburi dengan kelapa parut, lalu gulung dan padatkan. Tata di loyang, tutupi serbet bersih. Istirahatkan hingga mengembang sampai setinggi loyang.
  6. Panaskan oven 190'C. Tutup loyang roti (jika pakai loyang yang ada penutupnya). Panggang sekitar 25-30 menit hingga matang.
  7. Angkat, keluarkan dari loyang dan biarkan dingin.
Untuk selai kayanya, aku lihat resepnya di Nasi Lemak Lover. Hasilnya olesan selai kaya dan taburan kelapanya tidak terlalu kelihatan di potongan rotinya. Tapi, rasanya roti jadi sedikit lebih manis daripada roti tawar biasa dan dimakan polos sudah enak hehe.


Sekalian buat roti untuk setoran Challenge#7 YKMK, semoga masuk kriteria untuk tantangan kali ini. Sukses terus YKMK!


Banyak cerita untuk ikut event kali ini, mulai dari laptop yang rusak dan disusul dengan hp rusak. Pindah ke warnet untuk bisa ngeblog, tapi susah cari yang bisa edit foto hehe. Finally, bisa setoran juga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for your coming.....