Minggu, 27 Juli 2014

Eggless Brownies Cookies

Puasa hari terakhir, kerjaan kue kering sudah beres. Tinggal buat cemilan diri sendiri hehe. Kangen brownies tapi stok telur lagi kosong. Eh, lihat resep brownies kukis di website Veggie Platter kok bikin ngiler. Cek bahan, hanya susu cair untuk buttermilk yang gak ada. Ya sudahlah, pakai susu bubuk yang dicairkan. Biasa kalau resep dari luar hasilnya sedikit alias porsi kecil, dan disebutkan hasilnya sekitar 24 keping kukis. Yuk deh langsung meluncur ke dapur...


Eggless Brownies Cookies
modified by me

Bahan:
140 gr tepung terigu serbaguna
1/4 sdt baking soda/soda kue
60 gr mentega (aku pakai hollman butter)
150 gr gula pasir
 2 sdt cokelat bubuk
50 gr dark compound chocolate, cincang kasar
60 ml buttermilk (dari 1,5 sdm susu bubuk yang dicairkan dengan 60 ml air hangat + 1 sdt air jeruk nipis, diamkan sekitar 5-10 menit)
1/2 sdt vanila susu

Hiasan:
Choco chip secukupnya

Cara Membuat:
  1. Campur dan ayak, terigu dan soda kue. Sisihkan. Lelehkan mentega, lalu masukkan gula, cokelat bubuk dan dark chocolate, aduk hingga tercampur rata. Matikan api.
  2. Masukkan buttermilk dan vanila susu, aduk rata. Lalu masukkan terigu sedikit demi sedikit. Aduk cukup hingga rata, jangan berlebihan mengaduknya. Tutup plastik, simpan di kulkas sekitar 1 jam hingga bisa dipulung/disendoki.
  3. Panaskan oven 180'C. Sendokkan adonan (aku pakai scoop es krim ukuran kecil), tata di loyang yang dialas kertas roti dan dioles margarin tipis-tipis. Beri jarak antar adonan. Hiasi dengan choco chip.
  4. Panggang 15-18 menit hingga matang. Saat matang, beberapa bagian kue masih lembek. Biarkan di loyang hingga agak dingin. Baru dikeluarkan dari loyang.  Dinginkan di rak.
  5. Siap disajikan. Bisa disimpan di kulkas dalam wadah tertutup.

Aku skip penambahan brown sugar, karena disini tidak ada dan tidak menambahkan takaran gula pasirnya karena kuatir terlalu manis. Hasil kuenya chewy di dalam dan agak garing di luar. Rasa manisnya pas, tidak bikin sakit gigi dan hanya pingin makan tak henti-henti hehe. Love it!


Sekalian buat versi mini, buat dibawa ke rumah mertua saat lebaran :).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for your coming.....