Jumat, 20 September 2013

Super Fudgy Brownies

Super fudgy brownies adalah sebutan untuk brownies panggang dengan tekstur kering/crunchy diluar dan basah didalam. Serasa makan cokelat dalam bentuk kue karena brownies ini nyokelat banget hehe...
Selain nyokelat, yang khas dari brownies adalah dominan gula alias manis pake banget :). Terutama si brownies yang tipe panggang, pemakaian gulanya yang banyak justru membuat lapisan tipis (shiny crust) di permukaan kuenya. Itulah yang membuat tampilannya so sexy hihihi dan tentu saja bisa dibilang 'sukses' membuat brownies panggang kalo ada si shiny crust tadi.
Resep aslinya si fudgy brownies dari websitenya Martha Stewart, tapi cari versi indo & konversi gramnya di Ordinary Kitchen punya teh Ricke.


Ini resepnya dari blognya teh Ricke, tanpa modif karena pingin tau aslinya hehe (alias belum pengalaman untuk modif si browniesnya)..

Super Fudgy Brownies

Bahan:
120 gram unsalted butter
130 gram terigu protein sedang/all purpose flour
30 gram coklat bubuk
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt garam
225 gram dark cooking chocolate, cincang
250 gram gula pasir halus (gula kastor)
3 butir telur ukuran besar

Taburan (optional):
Almond slice/kenari cincang/chocolate chips, dll

Cara membuat:
1. Panaskan oven 180'C. Olesi loyang dengan mentega dan alasi dengan kertas roti. Oles kembali dengan mentega. Pada bagian sisi-sisi loyang lebihkan sedikit kertas rotinya sekitar 1 cm (fungsinya untuk mengangkat brownies keluar dari loyang). Sisihkan.
2. Campur dan ayak terigu, coklat bubuk, baking powder dan garam. Sisihkan.
3. Lelehkan butter. Masukkan dark cooking chocolate. Aduk-aduk hingga coklat meleleh dan tercampur rata dan licin. Angkat.
4. Masukkan gula pasir halus. Aduk rata dengan whisker hingga gula terlihat menyatu dengan coklat. Masukkan telur. Aduk rata kembali hingga rata dan lembut. Masukkan campuran terigu. Aduk rata hanya sampai tepung sudah merata dan tidak terlihat lagi. Jangan diaduk terlalu lama!
5. Tuang ke dalam loyang. Ratakan permukaannya. Beri taburan kacang-kacangan dan chocolate chips bila suka. Panggang dalam oven sampai matang sekitar 50 menit. Test sentuh permukaan bagian tengahnya sudah kokoh bila ditekan dan akan terbentuk lapisan 'shiny crust' khas brownies. Test tusuk bila perlu.
6. Keluarkan dari oven. Diamkan sekitar 30 menit dalam loyang. Keluarkan dengan cara mengangkat kelebihan kertas roti di sisi loyang. Dinginkan di rak kawat. Potong-potong sesuai selera.


Brownies yg bener-bener mantap niy, chewy & crunchy bikin nagih deh :). Gak percaya?cobain sendiri deh...
Sekalian bereksperimen dengan tepung mocaf (Modified Cassava Flour),  sebagai pengganti tepung terigunya 100%. Ini hasilnya....


Sama-sama enaknya loh, ternyata si mocaf yg dari singkong bisa diolah seenak ini. Alhamdulillah....
Kelebihan si mocaf, bebas gluten dan berserat tinggi. Jadi, buat yg menghindari aneka terigu, bisa dicoba nih si mocafnya. Asli produksi Lumajang :)


Hehe si ganteng numpang narsis ya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for your coming.....