Selasa, 12 April 2016

Oreo Ogura Cake

Yang paling menyenangkan dari membuat chiffon cake dan ogura cake adalah tanpa emulsifier dan tambahan bahan pengembang. Dengan bahan yang sederhana, bisa membuat cake yang lembut, ringan dan enak.
Oreo Ogura Cake
Source: Mimi bakery
Modified by Firlia

Bahan A:
5 btr kuning telur
1 btr telur utuh
60 gr susu cair
50 gr minyak sayur
2 bh cream dari oreo
70 gr terigu serbaguna
Bahan B:
5 btr putih telur
1/4 sdt garam
1 sdt air jeruk nipis
75 gr gula pasir
Bahan C:
8 bh biskuit oreo, tanpa cream, hancurkan
1/2 sdt pasta cokelat
Cara Membuat:
  1. Siapkan loyang kotak 18x18x7cm, alasi kertas roti di semua sisinya. Tanpa dioles apapun. Siapkan loyang yang lebih lebar dari loyang kotak tadi dan pendek. Isi dengan air, taruh di dalam oven. Panaskan oven 160'C. 
  2. Bahan A: kocok kuning telur dan telur utuh dengan pengocok telur hingga tercampur. Tambahkan susu cair, aduk rata. Masukkan minyak sayur, aduk rata. Tambahkan terigu sambil diayak, aduk hingga jadi adonan halus. Masukkan cream, aduk hingga cream agak hancur. Sisihkan.
  3. Bahan B: Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan garam dan air jeruk. Kocok sebentar, lalu masukkan gula pasir secara bertahap sambil terus dikocok hingga putih, mengkilap (soft peak).
  4. Campurkan adonan B ke adonan A secara bertahap, aduk balik dengan spatula hingga homogen. Ambil sebagian adonan, campur dengan pasta cokelat. Lalu adonan yang lain dicampur dengan oreo.
  5. Tuang adonan dengan oreo ke dalam loyang. Lalu tutupi dengan adonan cokelat, beri corak dengan garpu. Taruh loyang diatas loyang yang berisi air. Jika takut air merembes, lapisi dengan aluminium foil/loyang rangkap.
  6. Panggang sekitar 60 menit hingga matang. Keluarkan dari oven, diamkan 5 menit. Keluarkan dari loyang dan biarkan hingga dingin. Potong-potong, sajikan.

Yang membedakan antara chiffon cake dengan ogura cake adalah adonan ogura ada tambahan telur utuh di adonan kuning telurnya dan proses pemanggangan dengan au bain marie. Hasilnya ogura cake lebih lembut dan lembab daripada chiffon cake. Untuk rasa, sama-sama enak dan karena cakenya ringan, makan satu potong berasa kurang hehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for your coming.....