Kamis, 11 Juni 2015

Cake Apel-Kurma

Ingin cake yang sederhana, ketemu resepnya mbak Nely di blognya sini. Langsung dipraktekin setengah resep saja. Lumayan jadi 4 cup penuh, cocok buat sarapan.
Cake Apel-Kurma
by Nely 
modified by Firlia
Bahan:
100 gr tepung gluten free
  12 gr tepung maizena
  12 gr susu bubuk
  75 gr margarin
  1 btr telur utuh
  30 gr molasses
  30 gr gula pasir (tambahkan bila suka manis)
 75 gr buah apel, potong kecil (tanpa kulit, tanpa biji)
 25 gr kurma, tanpa biji
  1 sdm air
  1 sdm minyak sayur
1/2 sdt perisa vanila susu
1/2 sdt baking powder double acting
1/6 sdt baking soda 
Taburan: almond cincang
Cara Membuat:
  1. Campurkan tepung gluten free, tepung maizena, susu bubuk, baking powder, baking soda dan perisa vanila susu ke dalam 1 mangkuk. Aduk-aduk hingga merata. Sisihkan.
  2. Panaskan oven pada suhu 175'C. Siapkan loyang/paper cup.
  3. Masukkan apel dan kurma yang sudah dicincang kedalam blender. Masukkan juga air dan minyak sayur. Haluskan sambil sesekali diaduk menggunakan spatula. Sisihkan.
  4. Campurkan margarin, gula pasir dan molasses. Kocok dengan menggunakan mikser diawali dengan kecepatan rendah lalu setelah adonan menyatu naikkan kekecepatan tinggi. Kocok hingga mengembang dan lembut (kurleb 5 menit). Masukkan telur sambil dikocok hingga merata. Masukkan campuran kurma dan apel yang sudah dihaluskan berselang-seling dengan campuran tepung. Kocok hingga merata tapi jangan lama-lama. Tuang kedalam loyang/paper cup. Beri taburan almond.
  5. Masukkan kedalam oven dan panggang selama kurleb 30 menit atau sampai matang dengan suhu 175'C. Setelah matang (lakukan tes tusuk dengan menggunakan tusuk gigi, apabila tidak ada yang menempel lagi berarti sudah matang), keluarkan dari oven.
  6. Siap disajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for your coming.....