Rabu, 10 September 2014

Cheddar Cheesecake

Resep cheddar cheesecake yang kupakai dari blognya mbak Hesti disini. Dulu sudah pernah buat cheddar cheesecake juga, tapi hasilnya ambles, karena loyang kuenya kemasukan air. Bisa dimakan sih, cuma penampilannya "gak banget" hehe.


Cheddar Cheesecake
modified by me

Bahan:
90 ml susu cair (aku: 10 gr susu bubuk+air hingga 90 ml)
125 gr keju cheddar, parut halus
15 gr butter (aku: margarin)
30 gr tepung terigu
20 gr tepung maizena
3 btr telur (pisahkan kuning dan putihnya)
1/4 sdt garam
75 gr gula pasir (aku: 80 gr)
1/2 sdt vanili
1/4 sdt parutan kulit jeruk lemon

Cara Membuat:
  1. Siapkan loyang kotak ukuran 22x24x4 cm, isi air kira-kira setinggi 0.5 cm, masukkan ke dalam oven dan panaskan 160'C.
  2. Siapkan loyang brownies ukuran 20x10 cm, olesi margarin beri kertas roti di alas dan tepian loyang. Lebihkan tepian kertas rotinya dari loyang agar mudah mengangkat cake setelah matang. Olesi margarin tipis-tipis di bagian dasar loyang. Bungkus aluminium foil di sisi luar loyang, agar air tidak merembes ke adonan kue. Sisihkan.
  3. Panaskan susu cair, keju dan butter hingga semua rata dan licin. Angkat. Masukkan terigu dan maizena, aduk rata. Tambahkan kuning telur dan kulit jeruk, aduk rata. Sisihkan.
  4. Kocok putih telur dan garam hingga berbusa, masukkan gula pasir sedikit demi sedikit lalu kocok hingga soft peak (jambul petruk).
  5. Campur 1/3 bagian putih telur ke adonan kuning telur, campur hingga rata. Tuang sisa putih telur, aduk balik hingga homogen.
  6. Masukkan loyang adonan ke dalam loyang berisi air (cara au bain marie).
  7. Panggang sekitar 45-60 menit, hingga permukaan kecokelatan. Diamkan dalam oven sekitar 30 menit. Angkat, dinginkan sebentar. Lalu keluarkan cake dari loyang dg cara mengangkat kertas rotinya. Dinginkan cake di rak hingga uap panasnya hilang. Beri topping dan masukkan dalam kulkas.
  8. Sajikan dingin.
Meski agak kesulitan sewaktu mengeluarkan kue dari loyang dan melepaskan kertas rotinya karena teksturnya lembut sekali, alhamdulillah kuenya utuh.


Topping

Bahan:
2 sdm selai blueberry
2 sdm air matang
dark cherry secukupnya

Cara Membuat:
Masak selai dan air hingga mengental, masukkan dark cherry, aduk sebentar. Angkat. Siap digunakan.


Cheesecake dan blueberry memang paduan yang pas, seger.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for your coming.....