Selasa, 29 Maret 2016

Pandan Ogura Cake

Terusik lagi dengan si ogura cake, karena booming kembali di salah satu grup memasak. Proses pembuatan kue yang mirip chiffon cake, namun beda cara memanggangnya. Pertama lihat resepnya di web Malaysia, tapi ternyata sudah banyak yang mencoba dan memodifikasi di instagram (@xanderskitchen) dan web khusus share resep Cookpad. Resepnya si mbak Tintin di cookpad banyak macamnya seperti green tea ogura cake, taro dan pandan. Resep aslinya bisa diihat di Cookpad ya, kalau yang disini resepnya sudah dimodifikasi.


Pandan Ogura Cake
Source: Tintin
Modified by Firlia

Bahan A:
5 btr kuning telur (sekitar 100 gr)
1 btr telur utuh
60 gr susu cair
65 gr minyak sayur
65 gr tepung terigu serbaguna
15 gr tepung maizena
20 gr susu bubuk
1 sdt pasta pandan

Bahan B:
5 btr putih telur (sekitar 150 gr)
1 sdt air perasan jeruk nipis
1/4 sdt garam
90 gr gula pasir

Cara Membuat:
  1. Siapkan loyang kotak 18cm/20cm tinggi 7cm, alasi kertas roti seluruh bagiannya (bawah dan keempat sisinya), tanpa olesan apapun. Siapkan lagi loyang pendek (3cm) yang lebih lebar (22cm/24cm) dan diisi dengan air panas. Sisihkan.
  2. Dalam wadah, masukkan kuning telur dan telur utuh, kocok menggunakan kocokan telur/whisker hingga rata. Tambahkan susu cair dan minyak, aduk rata. Masukkan bahan kering (terigu, maizena dan susu bubuk) sambil diayak, lalu aduk hingga rata dan licin. Tambahkan pasta pandan, aduk rata. Sisihkan.
  3. Kocok putih telur hingga berbusa, tambahkan air jeruk dan garam, kocok sebentar. Masukkan gula secara bertahap, sambil tetap dikocok hingga menghasilkan adonan soft peak (putih, halus dan mengkilap). Panaskan oven 160'C.
  4. Campur adonan putih telur secara bertahap dengan adonan pasta (bahan A). Aduk perlahan dengan spatula hingga homogen. Tuang adonan ke dalam loyang 18cm, bila perlu bungkus bagian luar loyang dengan aluminium foil agar air tidak merembes ke dalam adonan. Taruh loyang adonan di loyang yang sudah terisi air panas, panggang sekitar 60 menit.
  5. Setelah matang, segera keluarkan cake dari loyang dan lepas kertas rotinya. Dinginkan di rak.
  6. Potong-potong, siap disajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for your coming.....