Minggu, 27 September 2015

Choux Pastry With Pastry Cream

Choux pastry atau biasa disebut kue sus cukup beragam, dari kulit maupun isiannya banyak variasinya. Untuk resep kulitnya, tetap memakai resepnya NCC. Sedangkan isiannya lihat di websitenya dailydelicious.


Resep Kulit Sus

Bahan:
225 ml air
100 gr margarin
 1 sdm gula pasir
125 gr tepung terigu protein tinggi
 4 btr telur

Cara Membuat:
  1. Rebus air, margarin dan gula hingga mendidih.
  2. Masukkan tepung terigu lalu aduk hingga kalis, angkat, dinginkan.
  3. Setelah dingin, masukkan telur satu persatu sambil dikocok dengan mixer hingga kental dan rata. Semprotkan adonan ke atas loyang kue kering yang telah dioles margarin, panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu tinggi (200 derajat Celsius) hingga mengembang, kokoh dan tidak ada lagi buih-buih margarin lagi di permukaannya.
Resep Pastry Cream
 
Bahan:
240 gr susu cair
15 gr maizena (aku: 10 gr maizena + 5 gr tepung custard)
57 gr gula pasir (aku pakai 10 gr saja, karena whipped cream yang kupakai sudah manis)
 1 btr telur utuh
30 gr butter (aku: campuran butter+margarin)

120 gr whipping cream cair (aku: 50 gr whipped cream bubuk + 100 ml air es)

Cara Membuat:
  1. Campur telur, gula dan maizena, kocok hingga rata (tidak bergerindil). Panaskan susu cair, saat muncul buih-buih di pinggirannya, masukkan campuran telur. Aduk terus hingga mengental dan meletup-letup.
  2. Matikan api, biarkan sebentar. Lalu masukkan butter, aduk rata. Tutupi dengan plastik wrap hingga permukaan cream, biarkan hingga dingin. Masukkan ke dalam plastik zip lock, simpan dalam kulkas.
  3. Kocok whipped cream bubuk dan air es hingga agak kaku, lalu campurkan dengan adonan cream yang sudah didinginkan di kulkas. Aduk hingga rata. Masukkan ke dalam plastik segitiga. Siap diisikan ke dalam kulit sus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for your coming.....