Sabtu, 05 September 2015

Chocolate Roll Bread (Eggless)

Cinnamon roll lagi nge-hits lagi nih, tapi berhubung anak-anak tidak terbiasa aroma cinnamon alias kayu manis, jadilah versi chocolover aja deh hehe. Resep rotinya cari yang empuk khas water roux aja, lihat di blognya Vivian Pang disini


Berikut ini resep selengkapnya...

Chocolate Roll Bread

Bahan water roux:
25 gr tepung terigu protein tinggi
125 ml air
 
Bahan roti:
120 gr water roux
350 gr tepung terigu protein tinggi
6 gr ragi instan
40 gr gula pasir
100-125 ml air hangat
30 gr butter 

Bahan taburan:
1 sdm butter, lelehkan
gula palem secukupnya (aku pakai molasses)
chocochip, selai cokelat secukupnya

Bahan olesan:
susu cair secukupnya
 
Cara Membuat:
  1. Water roux: campur semua bahan, aduk dengan whisker hingga rata. Masak dengan api kecil hingga mengental, tidak sampai mendidih. Matikan api. Tutupi plastic wrap hingga permukaannya. Biarkan hingga dingin.
  2. Roti: campur dalam wadah, terigu, ragi, gula dan adonan water roux, aduk dengan sendok kayu. Masukkan air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. Tambahkan butter, uleni hingga kalis elastis. Bulatkan. Istirahatkan selama 45-50 menit hingga mengembang. 
  3. Kempiskan adonan, pipihkan bentuk persegi panjang. Beri olesan butter cair, taburi gula palem di permukaan adonan, ratakan. Sisakan 1 cm di bagian sisi-sisinya. Taburi chocochip dan beri selai cokelat di beberapa bagian. Gulung memanjang sambil dipadatkan. Rapatkan di bagian ujung gulungan, agar tidak lepas gulungannya saat di proofing dan dipanggang.
  4. Potong-potong menjadi beberapa bagian (aku 9 buah). Tata di dalam loyang yang sudah dioles margarin tipis-tipis. Beri jarak antar gulungan. Tutup plastik/serbet bersih. Istirahatkan sekitar 50 menit hingga mengembang. 
  5. Panaskan oven 190-200'C. Olesi permukaan roti dengan bahan olesan. Panggang sekitar 15-20 menit hingga matang. Angkat, siap disajikan hangat.
  6. Bisa dihias cokelat leleh diatasnya dan ditaburi chocochip lagi.
 

Roti empuk siap disantap, saat hangat cokelat meleleh dimana-mana hehe.
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for your coming.....